Mesin Personalisasi CleverTap Mendapatkan Pengakuan Magic Quadrant Gartner Terbaru

null
Ilustrasi Clever Tap

Platform engagement all-in-one, Clever Tap, mengumumkan bahwa mesin personalisasinya (personalization engine) meraih posisi Niche Player dalam Magic Quadrant Gartner. Penilaian didasarkan pada kriteria khusus yang menganalisis Completeness of Vision (Kelengkapan Visi) dan Ability to Execute (Kemampuan untuk Mengeksekusi).

Pengakuan ini mencerminkan kekuatan perusahaan dalam menyediakan customer experience yang dipersonalisasi, kemampuan inovatif berbasis AI, dan fokusnya di berbagai industri seperti layanan keuangan, retail, dan hiburan.

Rangkaian solusi personalisasi CleverTap mencakup berbagai tool yang kuat, termasuk platform data pelanggan (CDP), analisis pelanggan dan produk, eksperimen, dan orkestrasi di semua touchpoint digital.

"Kami percaya pengakuan ini didorong oleh perpaduan dari solusi personalisasi kami yang komprehensif, yang memungkinkan brand menyediakan tingkat personalisasi yang berbeda untuk use case atau kasus penggunaan yang tepat, yang meningkatkan konversi sebesar 7x lipat. Pada akhirnya, personalisasi yang tepat akan menghasilkan pengalaman yang nyata dan bermakna," jelas Anand Jain, Co-founder & Chief Product Officer CleverTap dalam keterangan resmi (14/2/2025).

Kepemimpinan CleverTap dalam personalisasi tingkat lanjut terlihat dari pertumbuhan bisnisnya yang mengesankan dan basis pelanggan yang terus bertambah.

Pertumbuhan dan pengadopsian ini disebabkan oleh platform all-in-one yang tangguh, yang mengintegrasikan CDP dengan kemampuan untuk menciptakan dan mengeksekusi perjalanan pelanggan yang otomatis dan dipersonalisasi di seluruh touchpoint utama seperti web, aplikasi mobile, email, media sosial, dan channel berbayar.

Mengomentari pencapaian tersebut, Anand Jain, menambahkan, “Berada di dalam Gartner Magic Quadrant tahun ini untuk mesin personalisasi kami adalah momen yang membanggakan bagi CleverTap. Kami yakin bahwa ini mencerminkan dedikasi kami untuk membantu brand menciptakan customer experience yang personal dan berkesan."

Dia juga menyatakan pengakuan ini memvalidasi fokus perusahaannya pada inovasi dan pelanggan, terutama mesin AI kami yang canggih – Clever.AI, yang memiliki fitur-fitur seperti perjalanan auto-routing (IntelliNODE) dan pengiriman pesan yang cerdas secara emosional (Scribe).

"Kami tetap memegang teguh misi kami untuk memberdayakan brand dalam meningkatkan engagement yang bermakna di seluruh channel, mendorong resonansi emosional dan pertumbuhan yang terukur,” dia menambahkan.

Laporan Magic Quadrant adalah puncak dari penelitian yang kuat dan berbasis fakta di market-market tertentu, memberikan tinjauan luas mengenai posisi relatif penyedia layanan di market yang mengalami pertumbuhan yang tinggi dan diferensiasi penyedia layanan tampak begitu nyata.

Penyedia layanan diposisikan ke dalam empat kuadran: Leaders, Challengers, Visionaries, dan Niche Players. Riset ini memungkinkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari analisis pasar yang selaras dengan kebutuhan bisnis dan teknologi yang unik.

Gartner tidak mendukung vendor, produk, atau layanan apa pun yang ditampilkan dalam publikasi riset, dan tidak memberikan saran kepada pengguna teknologi untuk memilih vendor dengan peringkat tertinggi atau sebutan lainnya.

Publikasi riset Gartner terdiri dari opini organisasi riset Gartner dan tidak boleh ditafsirkan sebagai pernyataan fakta. Gartner menyangkal semua jaminan, baik tersurat maupun tersirat, sehubungan dengan penelitian ini, termasuk jaminan kelayakan untuk diperjualbelikan atau kesesuaian untuk tujuan tertentu.

Hingga kini, CleverTap dipercaya oleh lebih dari 2.000 brand seperti Decathlon, Domino’s, Levis, Jio, Emirates NBD, Puma, Croma (A Tata Enterprise), Swiggy, SonyLIV, Axis Bank, AirAsia, TD Bank, Ooredoo, dan Tesco untuk membantu membangun pengalaman dipersonalisasi bagi semua pelanggan mereka. Platform ini didukung oleh TesseractDB™-- database pertama di dunia yang dibuat khusus untuk customer engagement, yang menawarkan kecepatan dan efisiensi biaya dalam skala besar.

Clever Tap didukung oleh investor papan atas seperti Accel, Peak XV Partners, Tiger Global, CDPQ, dan 360 One, perusahaan ini berkantor pusat di San Francisco, dengan kantor cabang di Seattle, London, São Paulo, Bogota, Meksiko, Amsterdam, Sofia, Dubai, Mumbai, Bangalore, Delhi, Singapura, Vietnam, dan Jakarta. (*)

# Tag