Oreo Gandeng Fatayat NU Berbagi Inspirasi Memandu Anak-Anak Berselancar di Platform Digital

null
Menyambut momentum Ramadan 2025, Oreo juga memperkenalkan inspirasi keseruan terbarunya Oreo Dessert Treats Neapolitan dengan perpaduan rasa dessert es krim coklat, vanila, dan stroberi. (Foto: Mondelez Indonesia)

Di era digital, penggunaan internet dan gadget menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat di berbagai kalangan usia. Bahkan, penggunaannya dipercaya menawarkan banyak peluang baru bagi pengembangan potensi anak di masa depan, atau yang kini lebih dikenal sebagai generasi Alpha.

Generasi Alpha, digital native yang lahir dan tumbuh di era internet, media sosial, serta teknologi lainnya, berdasarkan data BPS tahun 2024, jumlah penggunaan gadget untuk anak usia dini di Indonesia mencapai 33,44% (25,5% berusia 0-4 tahun dan 52,76% berusia 5-6 tahun). Tentunya hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama, terutama para orang tua untuk mampu beradaptasi dan membimbing buah hati agar bijak dalam penggunaan gadget dan internet.

Penggunaan gadget dan internet bak dua sisi yang memberikan pengaruh negatif pada anak usia dini, jika tidak dikelola dengan baik. Menyadari hal tersebut, Oreo sebagai brand unggulan Mondelez Indonesia yang berkomitmen menemani perjalanan keluarga indonesia dari generasi ke generasi. Salah satunya berkolaborasi dengan komunitas Fatayat NU, melalui kajian keluarga bertajuk “Mengasuh dengan teknologi, Membimbing dari hati” sebagai pembekalan orang tua menjadikan momen keseruan keluarga sebagai sarana membimbing anak secara positif di era digital.

Khrisma Fitriasari, Head of Corporate Communication & Government Affairs Mondelez Indonesia, menjelaskan kegiatan ini untuk menginspirasi keluarga dengan menjadikan momen keseruan keluarga sebagai medium menghadapi banyaknya tantangan dalam membimbing anak. “Oleh karena itu, melalui kolaborasi ini kami ingin berbagi inspirasi positif kepada keluarga Indonesia dalam menjaga keseimbangan antara waktu bermain di dunia digital dan dunia nyata,” ujar Kharisma dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (24/2/2025).

Mia Silmiah, M.Si, Direktur Utama Rumah Besar Konseling Islam Fatayat NU, mengatakan bahwa banyak orang tua di era digital ini yang merasa sulit menemukan cara terbaik dalam membimbing anak. “Dalam upaya menghasilkan generasi penerus yang tangguh dan berkualitas, diperlukan adanya usaha yang konsisten dan berkesinambungan dari orang tua dalam melaksanakan tugas memelihara, mengasuh dan mendidik anak-anak mereka secara lahir maupun batin, sampai anak tersebut dewasa dan mampu berdiri sendiri sebagai manusia yang bertanggung jawab,” jelasnya.

Berbagai pembahasan turut dihadirkan dalam kajian keluarga ini, dimulai dari cara memanfaatkan teknologi digital secara positif, mengatur dan mendampingi anak dalam penggunaan gadget, hingga tips dalam memilih konten digital yang tepat. Para peserta pun tampak antusias membahas lebih jauh tentang serangkaian inspirasi yang dapat dioptimalkan orang tua dalam menciptakan keseruan bersama keluarga di tengah gempuran teknologi.

Public figure Shahnaz Natasja Haque selaku pemerhati pola pengasuhan anak yang bertindak sebagai pengisi materi dalam kajian ini pun menuturkan bahwa, orang tua perlu mengambil langkah strategis untuk memastikan anak-anak tumbuh dalam lingkungan yang seimbang antara dunia digital dan aktivitas nyata. Salah satu kunci utama dalam memberikan pengasuhan yang baik kepada anak adalah dengan memperkuat kehadiran orang tua, melalui berbagai momen menyenangkan bersama, karena momen-momen tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak secara optimal. Orang tua dapat memulainya dengan aktivitas sederhana seperti bercengkrama sambil menikmati camilan, hingga melibatkan anak untuk berkreasi.

Menyambut momentum Ramadan tahun 2025 sebentar lagi, Oreo memperkenalkan inspirasi keseruan terbarunya Oreo Dessert Treats Neapolitan dengan perpaduan rasa dessert es krim coklat, vanila, dan stroberi yang cocok untuk ciptakan keseruan dalam berbuka puasa anak, dan Oreo Play Pack Minions yang berisi paket permainan dengan karakter Minions untuk dimainkan bersama seluruh anggota keluarga, sambil menunggu waktu berbuka puasa.

“Sebagai produk yang diproduksi di Indonesia, oleh orang Indonesia, dan menjadi favorit keluarga Indonesia, kami berharap berbagai inisiatif yang dihadirkan Oreo sejak tahun1995 ini bisa menjadi inspirasi positif bagi setiap orang tua dalam mengembangkan model pengasuhan yang tepat di era digital, dengan mengedepankan momen-momen penuh keseruan bersama keluarga,” jelas Khrisma. (*)

# Tag