Midea Perluas Jangkauan Layanan Purna Jual di Bekasi

null
Saat ini, Midea telah memiliki 11 Direct Service Center, 16 Exclusive Service Center, dan 219 Authorized Service Center di Indonesia. (Foto: Midea Indonesia)

Produsen alat-alat elektronikl, PT Midea Electronics Indonesia, memperluas layanan purna jual seiring peresmian Direct Service Center di Bekasi, Jawa Barat. Kehadiran pusat layanan ini bertujuan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan serta memberikan kemudahan dalam perbaikan dan perawatan produk.

Direct Service Center ini merupakan pusat layanan resmi yang disediakan langsung oleh Midea untuk menangani seluruh produk Midea. Layanan yang tersedia mencakup dua metode utama, yaitu layanan home service dan carry-in.

Home service ini diperuntukkan bagi pelanggan dengan produk AC, kulkas, dan mesin cuci, kemudian teknisi mendatangi rumah konsumen untuk melakukan perbaikan. Sementara untuk produk Small Domestic Appliances seperti rice cooker, air fryer, dan air cooler, pelanggan dapat membawa unitnya langsung ke service center.

“Midea membuka service center di Bekasi untuk memperluas jaringan layanan purna jual perusahaan dan memudahkan customer untuk mengakses layanan kami,” ujar Jack Ding, Presiden Direktur Midea Electronics Indonesia dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Kamis (27/2/2025).

Hingga Januari 2025, Midea telah memiliki jaringan layanan yang luas di Indonesia dengan total 246 pusat layanan yang tersebar di 218 kota. Adapun layanan purnajual Midea terdiri atas tiga jenis yakni Direct Service Center, Exclusive Service Center, dan Authorized Service Center yang memanjakan pelanggan.

“Sampai saat ini, Midea telah memiliki 11 Direct Service Center, 16 Exclusive Service Center, dan 219 Authorized Service Center yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia,” kata Leo Ariefyanto, Head of Service Division Midea Electronics Indonesia.

Direct Service Center seperti di Bekasi ini merupakan pusat layanan servis yang disediakan oleh Midea untuk memperbaiki produk dan melayani kebutuhan pelanggan secara langsung. Exclusive Service Center adalah layanan eksklusif dari Midea yang bekerja sama dengan service partner terpilih serta telah secara resmi diakui dan diberikan izin oleh Midea untuk memperbaiki produk dan melayani segala kebutuhan pelanggan.

Sementara Authorize Service Center merupakan layanan yang telah secara resmi diakui dan diberikan izin oleh Midea untuk memperbaiki produk dan melayani kebutuhan pelanggan. ASC pada dasarnya merupakan perpanjangan dari jaringan layanan Midea sendiri.

Selain memperluas jangkauan layanan, Midea juga meningkatkan mobilitas teknisinya dengan menghadirkan armada layanan yang siap melayani pelanggan dengan lebih cepat dan efisien. Hingga tahun 2024, armada layanan Midea terdiri dari service car, motorcycle service, dan training truck. Pada tahun 2025, jumlah armada akan ditambah.

Upaya meningkatkan kualitas layanan, Midea rutin mengadakan program Service Capability Development bagi teknisi, admin, dan agen call center. Sepanjang tahun 2024, pelatihan telah dilakukan setiap bulan, baik secara offline maupun online di berbagai kota dengan ratusan peserta. Untuk tahun 2025, Midea menargetkan peningkatan jumlah kota pelatihan serta jumlah peserta yang mengikuti program ini. (*)

# Tag