Kampanye #BaiknyaBarengBareng, OCBC (NISP) Dorong Meritokrasi
PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) memperkenalkan kampanye #BaiknyaBarengBareng melalui edukasi tentang meritokrasi, sebuah sistem yang fokus pada kemampuan seseorang bukan pada status sosialnya. Aleta Hanafi, Brand and Communication OCBC menuturkan bahwa impelentasi meritokrasi melalui kesetaraan gender sudah diterapkan sejak dahulu di Bank OCBC.
“Dari zaman awal berdiri di Bandung, OCBC sudah memperlihatkan arti kesetaraan gender. Dan kini sudah menjadi (seperti) DNA (perusahaan),” tuturnya dalam acara Media Talk OCBC #BaiknyaBarengBareng: Mitos versus Meritokrasi di Jakarta, Selasa (4/3/2025).
Bagi Aleta, dirinya sangat merasakan manfaat dari penerapan kesetaraan gender: menggali potensi tiap individu. Bank OCBC sangat memacu para karyawannya untuk berinisiatif dan berinovasi. Dengan adanya kesetaraan gender dalam berbisnis, maka keberagaman keunggulan dari tiap karyawan bisa menjadi suatu kekuatan yang tiada bandingnya.
Hal ini tercermin dari sebanyak 6506 karyawan Bank OCBC terdiri dari 52% perempuan dan 48% laki-laki. Kemudian 25% Board of Commissioners (BOCs) dan 38% Board of Directors (BODs) dipimpin oleh para perempuan.
“Kami tidak melihat berdasarkan gender. Kami memiliki visi yaitu menjadi mitra tepercaya untuk meningkatkan kualitas hidup. Oleh karenanya, kami mengkampanyekan bahwa semua orang bisa financially fit,” pungkas Aleta. (*)