Ambisi Motorola Menaklukkan Pasar Indonesia Melalui Moto G45 5G

null
Foto: Motorola

Motorola kembali meramaikan pasar telepon seluler di Indonesia setelah absen 8 tahun, melalui Moto G45 5G dengan fitur dan pengalaman unik yang belum ada di segmennya.

Pendekatan Motorola di Indonesia adalah mengembangkan ekosistem ‘local for local’. Tidak hanya dalam manufaktur, tetapi juga dalam pengembangan perangkat lunak lokal, aplikasi lokal, serta perekrutan tim dan tenaga kerja lokal yang didukung oleh komitmen investasi. Motorola terus berinvestasi di Indonesia melalui manufaktur lokal dengan bermitra bersama salah satu perusahaan EMS terbesar di Indonesia, PTSN. Investasi ini mencakup pengadaan peralatan manufaktur kelas dunia dan produksi PCBA (Printed Circuit Board Assembly) secara menyeluruh di Indonesia, serta lokalisasi komponen seperti charger dan kemasan—menunjukkan komitmen jangka panjang Motorola di pasar Indonesia.

Terkait kehadiran produk terbaru Moto ini, beberapa waktu lalu Swa dan tiga media lain berkesempatan melakukan wawancara terbatas dengan Bagus Prasetyo, Country Head Motorola Indonesia. Berikut ini petikan wawancaranya:

Bagaimana strategi Motorola untuk menyikapi persaingan? Kenapa pilih G45 untuk rilisan pertama?

Strategi kami berfokus pada enam hal. Pertama, touch points, dengan hadir di berbagai titik sentuh bagi konsumen untuk berinteraksi secara fisik dengan perangkat. Kedua, kemitraan dengan menciptakan diferensiasi melalui kemitraan strategis dengan merek-merek seperti Pantone dan Bose, serta berkolaborasi dengan mitra lokal. Ketiga, AI Integration dengan memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna, termasuk mengembangkan AI milik sendiri (Moto AI) dan berkolaborasi dengan penyedia AI pihak ketiga. Kelima, teknologi 5G dengan fokus pada penyediaan teknologi dan pengalaman 5G yang canggih, terutama karena penetrasi 5G diperkirakan akan tumbuh secara signifikan. Keenam, premium consumer experience dengan menawarkan pengalaman yang berbeda dan premium melalui desain, layanan pelanggan, dan pengalaman ritel.

Karena produksi di Indonesia, tingkat TKDN Moto G45 berapa persen?

Kami telah menerima sertifikasi TKDN di Indonesia, dan seperti yang telah kami sebutkan, kami juga memiliki sertifikasi POS, sertifikasi TKDN. Kami sudah bermitra dengan PTSN, yang merupakan salah satu produsen EMS terbesar di Indonesia, dan memproduksi Moto G45 100% di Indonesia.

Moto G45 5G 100% diproduksi di Indonesia, termasuk PCBA, dan lain-lain. Kami juga berinvestasi dalam pelokalan komponen, yang berarti kami berinvestasi dalam melokalkan bahan kemasan. Kami melokalkan pengisi daya, dan kami akan terus berinvestasi dalam pelokalan, selama bertahun-tahun.

Bagaimana penggunaan dan optimalisasi AI pada handphone Motorola? Saat masuk ritel Indonesia, apakah Motorola menggaet partner?

 AI kami sebagian besar fiturnya dari pengalaman sendiri, apakah itu MotoAI atau pengalaman mitra, tersedia di seri Edge dan seri MotoGuard Razr. Motorola datang ke Indonesia tidak hanya dengan satu waralaba tertentu. Saya tunjukkan dalam presentasi saya bahwa kami memiliki produk Razr yang merupakan produk unggulan.  Kami memiliki franchise Edge, yang merupakan premium. Kami memiliki G, yang merupakan teknologi demokratisasi, dan kami memiliki ekosistem. Kami akan membuka seluruh rangkaian waralaba dan seluruh rangkaian perangkat untuk Indonesia, dan kami akan membawa perangkat terbaru yang diluncurkan secara global ke Indonesia, sedekat mungkin dengan peluncuran global.

Motorola percaya bahwa AI tidak bisa dimiliki oleh satu pihak saja, baik itu OEM maupun pihak ketiga. Kami percaya pada pendekatan kolaboratif. Jadi bagi saya, jika Anda melihat, kami memiliki pengalaman bermitra, pengalaman AI bermitra dari Google di seluruh, beberapa perangkat ujung atas dan perangkat yang ditingkatkan. Kami juga memiliki asisten Gemini yang tersedia di Razor.

Saat ini kami tidak berencana untuk membuka toko ritel eksklusif. Saya rasa saat ini kami sedang bekerja sama dengan para mitra. Cinex, adalah mitra distribusi kami yang membantu hadir di berbagai jenis toko ritel di seluruh negeri. Kami akan terus bekerja sama dengan berbagai mitra untuk menciptakan pengalaman ritel tersebut, namun saat ini kami tidak mempertimbangkan untuk membuka toko eksklusif untuk kami dalam jangka pendek.

Apakah seri Razr akan rilis di Indonesia? Seri apa saja yang akan menyusul?

Tujuan kami adalah mencapai 10% dalam tiga tahun ke depan dari pasar. Hal itu harys terjadi karena Indonesia adalah pasar yang penting bagi kami.  Mengapa kami menggunakan Indonesia dan kami kembali lagi ke Indonesia, kami melihat pertumbuhan yang luar biasa secara global untuk Motorola. Jika Anda melihat metrik global kami di Amerika Utara, kami sudah berada di sana.

Nomor satu di Asia Pasifik, kami melihat adanya tiga pasar premium digital. Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar, tidak hanya di Asia Pasifik, tetapi juga di dunia. Jadi sangat penting bagi kami untuk masuk ke Indonesia sekarang untuk lebih mengembangkan merek dan pengiriman smartphone kami secara global, dan juga untuk Asia.

 Hal terpenting kedua, yang ingin saya soroti adalah, kami sekarang telah konsisten kompetitif di seluruh pasar, yang sangat ketat dalam hal persaingan dengan merek lain. Jadi ambil contoh pasar seperti India, bukan? India adalah pasar di mana, sekali semua merek kompetitor yang Anda lihat di Indonesia, ada di sana.

Kami percaya bahwa kami memiliki produk yang tepat, strategi yang tepat, kami memiliki diferensiasi yang tepat untuk menang di Indonesia. Dan itulah sebabnya kami percaya bahwa inilah saatnya kami masuk ke Indonesia dan memberikan kesempatan kepada konsumen Indonesia untuk merasakan pengalaman produk yang berbeda.

 Kami telah membuktikan diri di pasar yang sulit, di pasar yang sama kompetitifnya di Asia Pasifik. Kami memiliki momentum dengan pertumbuhan tiga digit di Asia Pasifik. Kami yakin kami dapat meniru hal yang sama, kami memiliki portofolio 5G terbaik untuk India. Dan Indonesia berada di titik puncak untuk beralih ke 5G.

Bagaimana spesifikasi Moto G45 5G?

Moto G45 5G didukung oleh prosesor Snapdragon 6s Gen3, menghadirkan performa tercepat di segmennya serta menawarkan 13 band 5G, memastikan konektivitas 5G yang unggul dan kompatibel secara global. Dirancang dengan gaya dan kenyamanan, moto G45 5G menampilkan Vegan Leather ultra-premium dalam tiga varian warna yang dikurasi oleh Pantone, menjadikannya salah satu smartphone tertipis dan teringan di segmennya.

Smartphone ini juga dilengkapi kamera 50MP Quad Pixel, kamera selfie 16MP, serta layar 6,5 inci 120Hz dengan perlindungan Gorilla Glass 3 untuk pengalaman menonton yang lebih baik. Selain itu, Dual Stereo Speakers dengan Dolby Atmos menghadirkan kualitas suara yang imersif. Smartphone ini hadir dengan software eksklusif Motorola seperti Moto Gestures (chop-chop untuk flashlight, dan twist-twist untuk kamera), Smart Connect, Moto Secure, Family Spaces, dan masih banyak lagi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Kami yakin smartphone ini akan menjadi tolok ukur baru di segmen 5G terjangkau dan menjadikan fitur premium 5G lebih mudah diakses oleh konsumen Indonesia. Dengan fitur Smart Connect memungkinkan pengguna berbagi konten dengan mudah dan streaming ke layar yang lebih besar seperti desktop, laptop, tablet, dan TV. Moto gestures menambah gaya dalam penggunaan ponsel, sekaligus memberikan kenyamanan maksimal—cukup lakukan chop-chop untuk menyalakan flashlight atau double twist untuk membuka kamera. Untuk keamanan yang lebih baik, perangkat ini dilengkapi sensor sidik jari di samping yang terintegrasi dengan tombol daya.

Moto G45 5G menghadirkan kamera utama 50MP Quad Pixel dengan kejelasan luar biasa dan detail yang hidup dalam segala kondisi pencahayaan. Teknologi Quad Pixel meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 4x. Fitur Image Auto Enhance memungkinkan pengguna memilih antara warna alami atau warna yang lebih hidup, memberikan pengalaman fotografi yang lebih personal. Untuk selfie, kamera depan 16MP menghasilkan potret tajam dan detail, sementara kamera Macro Vision 2MP memungkinkan pengambilan gambar close-up yang mendetail. Harganya dibanderol Rp 2.599.000 dan spesial Ramadan Rp2.399.000. (*)

# Tag