Telkom (TLKM) Menyodorkan Layanan Telkom Solution Untuk Menggarap Segmen B2B di

null
Direktur Enterprise and Business Service Telkom, FM Venusiana. (Foto : Telkom).

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) atau Telkom menyodorkan solusi dan layanan digital inovatif yang mendukung berbagai sektor bisnis di Indonesia dan mendorong efisiensi, produktivitas, serta daya saing bisnis di ekosistem digital. Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengatakan ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

“Kontribusi ekonomi digital terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan mencapai delapan kali lipat,” jelas Ririek pada acara silaturahmi bersama beberapa pemimpin redaksi media di Jakarta, Jumat (7/3/2025). Telkom turut memegang peranan penting dalam memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital nasional melalui percepatan transformasi digital di berbagai sektor industri.

Perseroan memperkuat langkah strategisnya dengan menghadirkan Telkom Solution sebagai brand utama dalam penyediaan solusi digital terintegrasi untuk segmen business to business (B2B). Telkom Solution mendukung berbagai sektor, mencakup instansi pemerintah, BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta dalam memanfaatkan teknologi digital secara lebih efektif dan terintegrasi guna meningkatkan daya saing dan performansi bisnis.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom, FM Venusiana, mengatakanTelkom Solution ini mengakselerasi transformasi digital di berbagai sektor bisnis dengan mengintegrasikan solusi digital connectivity, digital platform, dan digital services. Telkom Solution berperan sebagai mitra strategis yang membantu perusahaan untuk mengoptimalkan performansi, menciptakan nilai tambah, dan meningkatkan pengalaman pelanggan terbaik.

“Sebagai bagian dari komitmen Telkom dalam menyediakan solusi digital yang inovatif, Telkom Solution saat ini berfokus pada tiga solusi unggulan, yaitu Connectivity++, Cyber Security, serta Artificial Intelligence (AI) untuk segmen enterprise business,” ujar Venusiana.

Bisnis B2B Telkom berfokus untuk mendominasi pasar di perusahaan-perusahaan swasta, dikarenakan potensi yang masih terbuka lebar, antara lain pada segmen konglomerasi, perbankan, retailer, dan manufaktur. Lebih lanjut, Venusiana menjelaskan bahwa Telkom Solution memiliki positioning yang berbeda dengan Indibiz. Indibiz difokuskan untuk melayani sektor usaha kecil menengah (UKM) melalui paket solusi yang terstandarisasi, sementara Telkom Solution hadir untuk melayani segmen enterprise business melalui solusi horizontal dan vertikal yang terintegrasi.

Dengan kehadiran Telkom Solution dan Indibiz diharapkan semakin memperkuat posisi Telkom sebagai pemimpin dalam penyediaan solusi digital di berbagai sektor bisnis, serta mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia. (*)

# Tag