Kantar ART.AI Jadi Solusi Riset Pasar Secara Real Time
Perusahaan konsultan riset pasar Kantar telah resmi memperkenalkan solusi Kantar ART.AI di Indonesia. Solusi terbaru berbasis artificial intelligence (AI) dari Divisi Insights Kantar ini, merupakan inovasi baru dalam bidang riset pasar yang memungkinkan perusahaan berinteraksi langsung dengan lebih dari 100 responden secara bersamaan, yang secara khusus dirancang untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan secara real time.
Saat ini solusi Kantar ART.AI telah tersedia di 30 negara dimana salah satunya adalah Indonesia, yang juga telah mendukung 15 bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Hal ini menjadikan Kantar ART.AI solusi berskala global yang menawarkan efisiensi biaya khususnya dari segi pengeluaran terkait perjalanan pada tahap pengumpulan data.
Sebanyak lebih dari 80 brand partner global dari berbagai industri seperti food & beverages, tech, fashion, sports, consumer electronics, health & beauty, game, dan sebagainya telah menggunakan layanan Kantar ART.AI ini.
Selain itu, Kantar ART.AI juga dirancang untuk dapat mengintegrasikan dua metodologi penelitian pada saat yang bersamaan, sehingga menghasilkan insight yang cepat dan komprehensif.
“ART.AI merupakan solusi yang memadukan metodologi kualitatif digital dengan analisis data kuantitatif serta feedback yang cepat, dan mampu merepresentasikan persepsi pasar yang dinamis untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif,” ujar Cheong Tai Leung, CEO Kantar Insights APAC saat media gathering di RDTX Place Jakarta, (13/03/2025).
Kantar ART.AI memiliki format pertanyaan yang interaktif seperti teks, suara, dan video, serta fitur voting dan probing berbasis AI secara real time. Solusi ini juga menawarkan berbagai fitur canggih berbasis AI, termasuk pemberian instruksi kepada responden, dekoding gambar, terjemahan langsung dari berbagai bahasa, hingga perancangan panduan diskusi otomatis.
Solusi berbasis AI ini memungkinkan pengguna untuk melakukan penyusunan pertanyaan penelitian, termasuk proses pengumpulan data dan analisis, hanya dalam waktu kurang dari 90 menit.
Sebagai solusi yang mampu memastikan efisiensi, kecepatan, dan insight yang komprehensif, Kantar ART.AI menjadi pilihan yang tepat dalam mendukung proses pengambilan keputusan secara real-time dan dapat diimplementasikan secara langsung ke dalam operasional bisnis.
“Meski kedalaman riset tidak sedalam metode riset konvensional, layanan Kantar ART.AI ini cocok bagi brand yang membutuhkan agility dan kecepatan karena mereka dikejar dengan timeline yang singkat dan budget terbatas, namun sudah bisa memberikan indikasi yang cukup untuk pengambilan keputusan,” ujar Astrid Novianti, Head of Qualitative Kantar Insights Indonesia.
Adapun Kantar selalu berkomitmen untuk memberikan solusi dan menjawab kebutuhan pasar baik melalui solusi berbasis teknologi terbaru dan solusi strategis yang dapat diaplikasikan untuk kebutuhan jangka panjang. (*)