Transaksi Muamalat DIN Naik 37,1% di Periode Libur Lebaran
Aplikasi mobile banking milik PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, Muamalat DIN, mencatatkan jumlah transaksi 3,2 juta atau naik 37,1% pada periode Ramadan dan libur Idulfitri tahun ini
Head of Digital Banking & Marketing Communication Bank Muamalat, Dadang Rohandi mengatakan volume transaksi pada Muamalat DIN juga mencapai Rp3,7 atau tumbuh 32,5% dibandingkan Ramadan dan libur Idulfitri tahun 2024.
"Kami memahami, masyarakat terutama yang mudik ke kampung halaman bisa jadi terbatas aksesnya ke ATM atau kantor cabang perbankan, tapi mereka tetap butuh layanan keuangan yang mudah, aman, dan nyaman. Muamalat DIN hadir memenuhi kebutuhan itu," ujarnya.
Dadang menambahkan, transfer menggunakan BI-Fast, pemindahbukuan, dan pembayaran menggunakan QRIS merupakan tiga transaksi teratas di Muamalat DIN sepanjang Ramadan dan libur Idulfitri 2025.
"Kami terus mengembangkan dan menambah fitur pada Muamalat DIN agar selalu relevan dengan kebutuhan transaksi keuangan nasabah," kata Dadang.
Untuk memfasilitasi nasabah menunaikan zakat saat Ramadan, dalam Muamalat DIN tersedia fitur Hijrah Amal. Pada fitur tersebut, nasabah dapat menunaikan zakat fitrah, zakat mal, fidiah, dan donasi lainnya.
Selain itu, bank pertama murni syariah di Tanah Air ini memudahkan pembayaran beragam tiket transportasi seperti pembayaran maskapai penerbangan, kereta api, dan Ferizy. Muamalat DIN pun menyediakan fitur pembayaran tagihan utilitas dan belanja online.
Di luar melalui Muamalat DIN, pionir bank syariah di Indonesia ini juga memfasilitasi transaksi nasabah dengan beragam layanan digital lainnya seperti mesin ATM, internet banking, dan cash management system Madina. (*)