Komitmen Tokopedia & Tiktok Shop dalam Pemberdayaan Perempuan di Era Digital

null
Peringatan Hari Kartini oleh Tokopedia dan Tiktok Shop bersama perempuan UMKM dan konten kreator. (Foto: Tokopedia)

TikTok dan Tokopedia, turut merayakan Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April, dengan terus berupaya menjadi bagian dari perjalanan banyak perempuan Indonesia yang ingin tumbuh dan berdaya melalui dunia digital. Perusahaan percaya perempuan bisa menjadi penggerak ekonomi digital.

“Kami membuka peluang luas bisnis online bagi pelaku usaha perempuan untuk menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh Indonesia dan bertumbuh bersama kami. Misalnya TikTok Shop by Tokopedia terus bekerja sama dengan Kemenekraf RI melalui program Creators Lab x Emak Emak Matic (Emak-Emak Melek Teknologi) untuk melatih ratusan perempuan, khususnya usia produktif, agar bisa menjadi affiliate content creator yang bisa menghasilkan pendapatan dari mempromosikan produk UMKM lokal,” kata Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz, Senin (21/4/2025).

Selain itu, Tokopedia dan TikTok Shop rutin memberi panggung yang luas bagi perempuan UMKM agar bisa berkarya lewat bisnis online. Bolosego dan Animate adalah beberapa contoh usaha di Tokopedia dan TikTok Shop yang didirikan oleh perempuan dan mampu memberdayakan perempuan lainnya untuk bisa berkarya.

Usaha oseng mercon Bolosego asal Sleman, Yogyakarta, yang didirikan oleh Dyah Laily Fardisa pada 2020 setelah dirinya terkena PHK imbas pandemi Covid-19. Berangkat dari semangat untuk bangkit, Dyah memutuskan untuk membantu seorang ibu penjual oseng mercon yang terdampak pandemi, serta menggandeng ibu-ibu di warung sekitar yang bernasib serupa.

“Awalnya, karyawan Bolosego hanya terdiri dari 8 orang ibu-ibu. Kini, kami bisa mempekerjakan 150 orang, dimana 50% dari jumlah tersebut merupakan perempuan yang berperan penting dalam menjaga cita rasa Bolosego. Pencapaian ini juga tidak terlepas dari peran platform Tokopedia dan TikTok Shop, yang turut berkontribusi 70% pada pendapatan online Bolosego,” cerita Dyah.

Sementara Animate adalah brand perawatan kulit dan kecantikan lokal yang didirikan oleh Yunna Mercier pada 2021, terinspirasi dari pengalaman pribadinya tidak cocok dengan berbagai skincare. Sejak memulai usaha, ia mengembangkan produk dan memasarkannya secara digital lewat platform Tokopedia dan TikTok Shop.

“Berkat fitur Live Shopping dan Ads, penjualan Animate mengalami kenaikan signifikan. TikTok Shop berkontribusi sekitar 30% penjualan online Animate. Kini, kami bisa memberdayakan lebih banyak orang, terutama kaum perempuan yang jumlahnya sekitar 70% dari total 800 karyawan Animate yang berlokasi di kantor pusat di Jakarta dan pabrik kami di Bogor,” ungkap Yunna.

TikTok: Tempat Perempuan Indonesia Berbagi Inspirasi

TikTok telah menjadi ruang kreatif yang inklusif bagi para kreator dan komunitas perempuan untuk saling terhubung, menginspirasi, dan menyebarkan semangat positif.

Tagar #PerempuanHebat di TikTok juga menjadi wadah bagi perempuan untuk berbagi opini, pengetahuan, serta mengekspresikan minat dan bakat mereka melalui konten singkat yang kreatif dan menginspirasi.

Memanfaatkan kekuatan penemuan TikTok, Suci Ambar Wati (@suciambarwati25) menunjukkan bagaimana #PerempuanBisa memanfaatkan TikTok untuk menginspirasi sesama untuk ikut memperluas akses edukasi kepada masyarakat luas.

Lewat konten sejarah dan budaya yang ia bagikan di TikTok, ia ingin mengedukasi masyarakat tentang kekayaan sejarah bangsa sekaligus menginspirasi perempuan untuk ikut berbagi ilmu yang mereka miliki kepada sesama.

“Saya berharap konten saya dapat menunjukkan bagaimana perempuan bisa menjadi sumber inspirasi dan edukasi, baik di ruang kelas maupun di dunia digital. Ini juga menjadi cara saya untuk mewujudkan semangat Kartini — mendorong perempuan agar memanfaatkan berbagai ruang dan kesempatan untuk memperluas pengetahuan, membangun komunitas, dan saling menguatkan, seperti yang saya lakukan bersama TikTok,” ujarnya.

Era Discovery E-commerce Mendorong Peluang Baru

Didukung oleh kekuatan penemuan, konten autentik, dan komunitas yang solid dari TikTok, lanskap e-commerce kini memasuki era baru yang dikenal sebagai “discovery e-commerce”. Era ini memberdayakan pengguna Tokopedia dan TikTok Shop (baik penjual maupun pembeli) serta para kreator untuk mencapai potensi yang lebih besar.

Salah satu manifestasi dari discovery e-commerce adalah munculnya profesi baru, yaitu kreator afiliasi. Para kreator ini memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan melalui kegiatan promosi dan pemasaran produk dari jutaan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop, termasuk bagi Amelia Hasanah (@amel_queens), seorang ibu rumah tangga yang kini dikenal sebagai salah satu kreator affiliate fashion inspiratif.

Berawal dari kecintaannya terhadap dunia fesyen, Amel mulai membagikan berbagai tips padu padan outfit melalui TikTok. Sejak bergabung sebagai kreator affiliate TikTok Shop by Tokopedia pada tahun 2022, Amel juga rutin mempromosikan produk fesyen muslim lokal.

“Berkat menjadi kreator affiliate di TikTok Shop, saya bisa meraup pendapatan yang lebih dari cukup untuk menafkahi keluarga hingga memiliki tabungan pendidikan untuk anak hingga jenjang perguruan tinggi. Saya bersyukur karena ternyata passion bisa menjadi sumber penghasilan tanpa harus meninggalkan peran utama saya sebagai ibu rumah tangga,” tutup Amelia. (*)

# Tag