MDIY Menggulirkan Ekspansi, Buka 63 Toko di Kuartal I/2025

PT Daya Intiguna Yasa Tbk (MDIY) pada kuartal I/2025 mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 57%, mencapai Rp1,8 triliun secara tahunan. Hal ini didorong oleh peningkatan jumlah transaksi dan ekspansi toko baru. Pada periode ini, laba bersih naik 160% hingga Rp226 miliar dengan peningkatan margin laba setelah pajak naik ke level 12,5%.Pencapaian tersebut mencerminkan keberhasilan perseroan dalam meningkatkan efisiensi dan optimalisasi margin.
Margin laba kotor turut menguat menjadi 56%, hasil dari upaya pengoptimalan operasional yang berkelanjutan. “Kami memasuki tahun 2025 dengan momentum kuat, berkat implementasi strategi bisnis yang disiplin dan ekspansi yang dijalankan secara strategis. Seiring dengan bertumbuhnya jangkauan kami di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah-wilayah dengan akses terbatas terhadap layanan ritel modern, kami tetap berkomitmen untuk memberikan nilai tambah, aksesibilitas serta dampak positif jangka panjang kepada lebih banyak keluarga di Indonesia,” ujar Edwin Cheah, Direktur Utama MR.D.I.Y. Indonesia di Jakarta Selasa (29/4/2025).
Selanjutnya, emiten peritel berjenama MR D.I.Y ini membuka toko ke-1.000 di Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada Februari 2025. Perseroan di Januari-Maret 2025 ini membuka gerai MR D.I.Y sebanyak 63 unit. Alhasil, jumlah total toko MR D.I.Y mencapai 1.021 unit. Capaian ini memastikan perusahaan telah di jalur yang tepat untuk mencapai target setidaknya 270 toko baru pada 2025.
Dalam melakukan ekspansi, perseroan berfokus pada peningkatan aksesibilitas dengan memprioritaskan wilayah yang belum terlayani, termasuk kota - kota tier 2 dan 3, untuk memperluas akses masyarakat Indonesia terhadap perlengkapan rumah tangga. Dengan tingkat penetrasi industri yang masih rendah serta luasnya potensi pasar di sejumlah wilayah, Perseroan melihat peluang besar untuk terus melakukan ekspansi, guna memperkuat arah pertumbuhan jangka panjang perseroan.
Seiring pertumbuhan jumlah toko, Perseroan terus meningkatkan hubungan dan interaksi aktif dengan pelanggan, termasuk memanfaatkan momentum penting seperti Ramadan dan Idulfitri, yang dicapai melalui penawaran produk dan layanan yang disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pelanggan. Upaya ini juga didukung oleh strategi promosi yang dikurasi serta peningkatan pengalaman berbelanja di setiap jaringan toko.
Fundamental Solid
Perseroan terus menunjukan kinerja operasional yang sehat. Perseroan mencatatkan pertumbuhan arus kas operasional sebesar 91% menjadi Rp304 miliar. Rika Juniaty Tanzil, Chief Financial Officer MDIY, mengatakan kinerja keuangan perseroan merefleksikan kekuatan model bisnis serta kedisiplinan dalam eksekusinya.
Pada kuartal I/2025, perseroan mencatatkan gearing ratio yang sehat karena sebesar 0,4 kali dan return on equity (ROE) sebesar 34%. Hal ini merefleksikan efektivitas pengelolaan modal serta profitabilitas berkelanjutan. Perseroan terus memperkuat rantai pasok dan produktivitas toko untuk memastikan pertumbuhan yang efisien sekaligus mempertahankan standar layanan.
Dengan rekam jejak kinerja yang konsisten dan solid, termasuk tingkat pertumbuhan majemuk tahunan (compound annual growth rate atau CAGR) pada 3 tahun terakhir sebesar 42% untuk jumlah toko, 75% untuk pendapatan, dan 191% untuk laba setelah pajak, Perseroan terus memimpin industri ritel perlengkapan rumah di Indonesia, baik dari pertumbuhan maupun skalabilitas.
Perseroan tetap berkomitmen untuk memenuhi target untuk membuka setidaknya 270 toko baru selama 2025. Untuk merealisasikan target ini, Perseroan tetap berfokus pada penguatan operasional yang disiplin, meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan, dan menjaga margin yang sehat.
“Ditopang fundamental bisnis yang kuat dan eksekusi yang terukur, MR.D.I.Y. Indonesia akan tetap mampu mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan memberikan nilai jangka panjang ke depan,” ujarnya. (*)