Tokopedia dan Kementerian UMKM Latih UMKM di Padang Agar Jadi Juragan
Tokopedia dan TikTok Shop mendukung program Kementerian UMKM bertajuk Juragan UMKM. Caranya melatih ribuan UMKM di berbagai wilayah termasuk Padang, pada Senin (28/4/2025). Untuk menjadi penjual terpercaya yang bisa #JualanNyaman sekaligus meningkatkan penjualan dari konten video melalui Creators Lab. Creator Lab merupakan tempat edukasi kreator affiliate maupun penjual mengenai konten video pendek dan live streaming.
Vonny Ernita Susamto, Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, mengatakan ada jutaan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop yang mayoritas UMKM, maka pihaknya mendukung ‘Juragan UMKM’ Kementerian UMKM dengan mengintegrasikan Creators Lab, agar makin banyak UMKM yang mahir membuat konten video dan merasakan manfaatnya dalam membangun merek, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan.
Wakil Menteri UMKM, Helvi Moraza, menjelaskan pemerintah menargetkan 30 juta UMKM terdigitalisasi pada tahun 2025 untuk memperkuat sektor ekonomi digital. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan Workshop Digital Juragan UMKM bekerja sama dengan Tokopedia dan TikTok Shop.
“Kami menargetkan dalam satu tahun ke depan, sebanyak 22.000 pengusaha mikro akan terhubung melalui kegiatan Workshop Digital Juragan UMKM yang tersebar di 50 titik PLUT, bekerja sama dengan marketplace. Melalui kegiatan ini, diharapkan kontribusi sektor ekonomi digital terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dapat meningkat hingga 8-9% pada tahun 2025,” ucapnya.
Setidaknya, terdapat 50 pengusaha mikro terlibat dalam workshop ini, yang mencakup materi pengenalan kreator afiliasi, pengembangan personal branding, perancangan skrip video afiliasi, serta strategi dan praktik pembuatan konten dan live streaming hingga edukasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) agar pelaku UMKM bisa #JualanNyaman di Tokopedia dan TikTok Shop.
Materi HKI di Creators Lab untuk #JualanNyaman terdiri dari imbauan menaati peraturan, misalnya dengan tidak menggunakan foto/judul/deskripsi produk dari merek lain tanpa izin. Selain itu, peserta diajarkan cara menjadi penjual berstatus ‘Power Shop’ atau ‘Mall’ di TikTok Shop untuk meningkatkan kepercayaan pembeli sekaligus menaikkan pendapatan.
Tokopedia dan TikTok Shop juga menyampaikan regulasi perlindungan HKI, fitur yang bisa dimanfaatkan untuk melindungi HKI, serta ajakan bergabung di dalam Pusat Perlindungan KI untuk semakin mempermudah UMKM melindungi HKI. (*)