Corporate Action

IPC Gandeng ITS Tingkatkan Kualitas Manajemen Kepelabuhanan

Oleh Admin
IPC Gandeng ITS Tingkatkan Kualitas Manajemen Kepelabuhanan

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dalam rangka meningkatkan pelayanan manajemen kepelabuhanan. Kerja sama ini dituangkan dalam penandatangan nota kesepahaman antara kedua pihak, di Gedung Rektorat ITS, Surabaya, Senin (14/1/2013).

Pelindo_IPC

IPC atau PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)

“Perusahaan berkomitmen untuk selalu memfasilitasi para karyawan IPC mengembangkan ilmu yang sesuai dengan standar layanan kepelabuhanan internasional,” ujar RJ Lino, Direktur Utama IPC, dalam siaran pers.

Kerja sama dengan ITS dilakukan karena IPC, selaku operator pelabuhan terbesar di Indonesia, mempunyai komitmen untuk memberikan pelayanan jasa kepelabuhanan yang terbaik, salah satunya melalui peningkatan sumber daya manusia. Detailnya, kerja sama keduanya terdiri dari dua program ,yakni kerja sama dalam bidang pendidikan dan pengabdian terhadap masyarakat.

Dalam bidang pendidikan, kerja sama diwujudkan melalui program pelatihan dari ITS kepada para pegawai IPC, seperti dalam bidang manajemen pelabuhan, operasi material handling pelabuhan, operasi, survei, perawatan kapal port-tug, serta rekayasa pantai. Sebagai timbal balik, IPC akan mengakomodasi program praktik kerja mahasiswa ITS di pelabuhan-pelabuhan yang berada di bawah otoritas IPC.

Dalam bidang pengabdian masyarakat, kerja sama yang dilakukan adalah penyediaan tenaga ahli dan peralatan laboratorium oleh ITS yang akan digunakan untuk penelitian dalam rangka implementasi corporate social responsibility IPC.

Diharapkan bahwa penelitian dan kajian akademis akan semakin mendukung IPC dalam mewujudkan pelayanan pelabuhan yang mampu mengakomodasi kebutuhan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini karena tiap kebijakan didasarkan pada data yang objektif dan akurat. Kerja sama antara IPC dan ITS ini akan berlangsung selama dua tahun, mulai dari tahun 2013 hingga 2015. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved