Profile

Achmad Fadli, Dorong Belfoods Jatim-Bali Tumbuh Agresif

Achmad Fadli, Dorong Belfoods Jatim-Bali Tumbuh Agresif

Sejalan dengan perubahan gaya hidup dan pola konsumsi masyarakat (keluarga) yang cenderung praktis, ready to eat, dan tetap menjaga kualitas produk yang dikonsumsi, produk-produk makanan olahan, khususnya frozen foods, sebagai produk pengganti maupun pelengkap, akan terus bertumbuh secara signifikan di tahun-tahun mendatang. Keterangan ini diyakini betul oleh Achmad Fadli, Regional Sales Manager PT Sierad Produce Tbk bagian Foods Division.

Pria lulusan Civil Engineering, Institut Teknologi Bandung yang akrab disapa Fadli ini memang terbilang baru terjun di industri makanan olahan. Latar belakang pekerjaan sebelumnya cukup bervariasi, mulai dari PT BAT Indonesia, PT Astra Otopart Tbk, Unilever, sampai kini labuhan terakhirnya di PT Sierad Produce Tbk. Ia mulai bergabung di sana sejak 26 Maret 2012.

Achmad Fadli, Regional Sales Manager PT Sierad Produce Tbk, Foods Division

Meski terbilang baru, nyatanya Fadli telah mampu membuat terobosan-terobosan, di antaranya : mengembangkan sistem jalur distribusi baru untuk produk chicken nugget Belfoods dengan pola distributorship. Dirinya juga menunjuk dua orang distributor di masing-masing area Jawa Timur dan Bali, meningkatkan penetrasi produk Belfoods di pasar GT (General Trade) dan MT (Modern Trade) dalam rangka mencapai target penjualan perusahaan yaitu double-business di tahun 2013. Upaya-upaya tersebut dilakukannya melalui kegiatan coverage, distribution, merchandising and promotion yang lebih efektif. Terbukti dalam empat bulan terakhir, penjualan distributor sudah mencapai 1,5 kali lipat dibanding penjualan tahun sebelumnya.

Sebagai brand yang belum banyak dikenal konsumen, Fadli awalnya cukup kesulitan dalam mengenalkan dan meyakinkan customer, terutama di channel supermarket lokal untuk menyediakan dan menjual Belfoods di toko. Terlebih Belfoods hadir agak terlambat dibandingkan brand-brang lain yang sudah eksis dan lebih besar. Tetapi dengan komitmen yang tinggi untuk tumbuh bersama customer, dengan memberikan pelayanan order dan delivery lebih baik dan teratur, ditunjang pula dengan aktifitas promosi (baik above the line dan below the line) yang berkelanjutan, pelan tapi pasti semua tantangan yang muncul justru beralih menjadi peluang yang sangat besar untuk menjadikan Belfoods lebih besar dan besar lagi. Untuk penetrasi produk yang lebih agresif, Belfoods Jatim-Bali berencana menambah sedikitnya dua distributor lagi di tahun 2013.

“Saya juga ingin berperan aktif dalam mencapai misi perusahaan yang ingin terus tumbuh secara berkesinambungan, menguntungkan dan kompetitif. Sementara target pribadi, tidak ada target khusus, hanya berprinsip memandang setiap pekerjaan adalah ibadah dan amanah, saya ingin selalu menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat di masa-masa mendatang,” tukas suami dari seorang dokter dan ayah 3 orang anak ini kalem.(EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved