SWA Magazine Edition

Survei Komprehensif Kelas Menengah Indonesia: Membedah Dahsyatnya Daya Beli Kelas Menengah (SWA Edisi 02/2013)

Survei Komprehensif Kelas Menengah Indonesia: Membedah Dahsyatnya Daya Beli Kelas Menengah (SWA Edisi 02/2013)

Survei Komprehensif Kelas Menengah Indonesia: Membedah Dahsyatnya Daya Beli Kelas Menengah (SWA Edisi 02/2013)

Survei Komprehensif Kelas Menengah Indonesia: Membedah Dahsyatnya Daya Beli Kelas Menengah (SWA Edisi 02/2013)

SWA Edisi 02/2013

Survei Komprehensif Kelas Menengah Indonesia: Membedah Dahsyatnya Daya Beli Kelas Menengah

Populasi: 130 juta Konsumen Daya Beli: Rp. 130 Triliun Per Bulan Karakter: 8 Wajah Konsumen Kelas Menengah

Kelas menengah tumbuh luar biasa. Momentum ini harus ditangkap secara cerdas oleh para pelaku bisnis di Tanah Air. Dengan populasi mencapai 130 juta jiwa, potensi konsumsi mereka mencapai Rp 130 triliun per bulan. Seperti apakah wajah kelas menengah Indonesia? Bagaimana karakteristik psikografis mereka? Bagaimana strategi jitu membidik mereka? Simak hasil survei SWA-Inventure yang berhasil mengidentifikasi segmentasi mereka berdasarkan karakteristik, perilaku dan konsumsi. Survei kualitatif yang dilanjutkan dengan survei kuantitatif ini juga mengungkap merek-merek pilihan kelas menengah Indonesia.

“Bir Lokal Premium Besutan Budhisurya Bersaudara” Pengamatan jeli terhadap pasar bir di Indonesia akhirnya menarik minat empat bersaudara – Reeza Budhisurya, Bona Budhisurya, Yudha Budhisurya dan Rama Budhisurya — untuk terjun di bisnis tersebut. Awal 2011, mereka meluncurkan Stark Beer, bir premium berbahan dasar gandum.

“Melejit dengan Jurus Integrasi” Dari hanya tiga unit menara BTS, kini Tower Bersama Group menjadi pemain terbesar di bisnis penyewaan menara. Kemampuan mengintegrasikan bisnis menjadi rahasia suksesnya.

“Kusuma Anggraini Trah Mooryati Soedibyo di Bisnis Perhotelan” Kusuma Anggraini merupakan generasi ketiga atau cucu Mooryati Sudibyo, pengusaha yang sukses mendirikan dan membesarkan Mustika Ratu, imperium bisnis di bidang kosmetik dan properti. Ninik, sapaan akrab Kusuma Anggraini, adalah anak Djoko Ramiadji, putra sulung Mooryati.

EKONOMI & BISNIS

INVESTASI

“DAYA TARIK REKSA DANA YANG TAK PERNAH REDUP” Sepanjang 2012, IHSG memang hanya mencatat pertumbuhan 12,94%, dari posisi 3.821,99 di akhir 2011 menjadi 4.316,69 di akhir 2012.

INTERNASIONAL

“METAMORFOSIS SEBUAH KERAJAAN JINS” Bermula dari kristalisasi keringat Joe Nakash dan dua adiknya, Jordache yang mulai terjun ke dunia bisnis pada 1968 telah bermetamorfosis jadi konglomerat bernilai US$ 2 miliar lebih.

TEKNOLOGI INFORMASI

“ALLIED WALLET SANG PENJAGA TRANSAKSI E-COMMERCE DUNIA” Kekhawatiran konsumen, merchant dan kalangan perbankan dalam transaksi pembayaran online mendorong Andy Khawaja mendirikan Allied Wallet satu dasawarsa lalu.

ENTREPRENEUR

“BISNIS RATUSAN MILIAR RUPIAH MANTAN PENJAGA WARNET”

“MARCO HOME STORE RITEL UNIK ALA BUDIHARJO IDUANSJAH” Di tengah maraknya peritel asing masuk ke Indonesia, ia mengibarkan Marco Home Store yang unik, memadukan barang elektronik dan peralatan rumah tangga.

INDONESIA YOUNGSTER INC.

NEXT GENERATION KUSUMA ANGGRAINI

ENTREPRENEUR LIMA SEKAWAN

STARTUP DUA SEKAWAN ARI SOETJITRO

SIAPA DIA DWI MITA SARI AFRIYANI GALUH WULANDARI ISRA RUDDIN PETER JAMES RAMPENGAN

Read more on SWA Magazine Facebook

SWA Magazine Subscription [http://swa.co.id/subscription] SWA Digital Magazine Subscription and Download [http://swa.co.id/digitalmagazine] SWA Mobile Apps Download [http://swa.co.id/mobile]


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved