Marketing Strategy

Yang Muda, Yang Bergaya

Yang Muda, Yang Bergaya

“Pasar mobil hatchback memang unik karena punya sasaran tersendiri, terutama kalangan anak muda yang masih lajang, atau yang sudah menikah tetapi belum punya anak. Modelnya cute, penampilan bagus dan ditujukan bagi yang mau gaya,” ujar Amir, salesman Honda saat pemaran di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Tren sedan hatchback atau sub-compact makin bagus terutama pada orang-orang yang mencari mobil tidak hanya sebagai penunjang transportasi, tetapi juga bagian gaya hidup mereka. Nah, segmen pasar yang peduli dengan gaya hidup adalah anak muda. Tak mengherankan jika ceruk pasar ini banyak dimanfaatkan dan dibidik oleh berbagai macam produk untuk promosi.

Tomoki Uchida, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, menjelaskan, Indonesia merupakan pasar yang terus bertumbuh. Jumlah populasi yang jauh lebih tinggi dibanding negara lainnya di Eropa, membuka peluang bisnis yang besar. “Apalagi anak muda di Indonesia senang sekali menggunakan mobil, berbeda dari anak muda di Eropa,” ucap mantan Direktur Honda Motor Europe Ltd. yang berbasis di Inggris itu.

PT Honda Prospect Motor (HPM), termasuk salah satu perusahaan yang membidik segmen kawula muda melalui produk Honda Jazz. Apalagi, mobil hatchback lagi digandrungi mereka yang berjiwa muda, sehingga banyak Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) meluncurkan jenis mobil tanpa pantat tersebut. Tak pelak, persaingan sengit pun tak bisa dihindari.

Itulah sebabnya HPM lebih memilih strategi pemasaran dan cara komunikasi “Blue Ocean” untuk keluar dari kancah persaingan. Terang-terangan Jonfis Fandy mengatakan, Honda Jazz mulai menyingkir dari pemasaran yang ortodoks atau konvensional. “Meski belum 100% ditinggalkan, pemasaran kami berbeda, lebih dinamis,” ujar Direktur Pemsaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor itu. Dia mencontohkan akhir-akhir ini jarang iklan Honda Jazz di televisi.

Kini, HPM lebih memilih membuat kegiatan seperti kumpul komunitas, Jazz Speed Challenge Slalom, durability test, dan pencarian bakat duta mobil Jazz, serta ikut lomba balap. “Sehingga mereka tidak saja melihat, tetapi ikut aktivitas Jazz. Jarak antara kastemer dan Honda Jazz makin dekat,” Jonfis menegaskan.

Untuk Honda Jazz, HPM cukup kreatif. HPM membuat drama radio seputar kehidupan remaja. Drama bertajuk 3 Cinta ini diputar di jaringan Radio Prambors. Untuk aktivitas unik ini, HPM menggandeng Prambors dan Majalah Aneka Yess. Jonfis mengaku kegiatan ini tidak hanya di Jakarta, tapi juga menyebar ke kota-kota lain. Tujuannya, tidak lain untuk meningkatkan awareness.

Hampir semua model Honda Jazz cocok utuk anak muda

Agung Sudrajat adalah salah seorang penggemar drama 3 Cinta yang juga menggandrungi Honda Jazz. “Hampir semua model Honda Jazz cocok untuk anak muda. Pilihan warnanya juga menarik dan irit BBM,” ujar lelaki yang berkantor di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat ini.

Apa saja aktivitas Honda Jazz untuk anak muda? Untuk mendekatkan diri dengan kawula muda, digelar Honda Jazz Stars Search. Acara ini sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali sejak tahun 2007 dengan total peserta mencapai 12.190 dari berbagai wilayah di Indonesia.

Honda Jazz Stars dalah sebuah ajang pencarian bakat untuk mencari para remaja Indonesia yang tidak hanya mempunyai penampilan menarik tetapi juga memiliki bakat, prestasi serta kepedulian terhadap lingkungan, dan bisa menjadi insipirasi bagi generasi muda. Semua ini sekaligus mewakili karakter Honda Jazz yang aktif, dinamis, stylish serta ramah lingkungan.

Pemenang Honda Jazz Stars akan menjadi duta untuk Honda Jazz, dan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan Honda Jazz seperti; bintang iklan (TVC) Honda Jazz, serta mini serial drama radio 3 Cinta. Banyak dari para Jazz Stars saat ini telah mempunyai karier yang sukses di bidang entertainment maupun modeling.

Daftar Pemenang Honda Jazz Stars 1-3

Kegiatan ini diakuinya cukup efektif untuk mendekatkan HPM dengan anak muda. “Anak muda punya gaya dan problemnya sendiri. Dengan sandiwara radio ini, mereka bisa mengekspresikan diri dan kenal dengan Honda Jazz,” tambah Jonfis.

Yang membanggakan HPM, keberhasilan Honda Jazz ini bahkan telah mengangkat posisi ATPM ini di percaturan mobil nasional, sehingga masuk dalam lima produsen mobil terbesar. Sepanjang tahun 2005 misalnya, HPM mengalami peningkatan penjualan sampai 115,6%, atau mencapai penjualan total 53.750 unit dibandingkan dengan tahun 2004 yang mencatat penjualan 46.500 unit. Hal ini disebabkan kontribusi Honda Jazz yang sangat signifikan.

Keberhasilan Honda Jazz saat ini dibandingkan dengan mobil irit lainnya, karena momentum. Honda Jazz menang di momentum, lantaran duluan mengisi kekosongan pasar hatchback. Sebenarnya Suzuki Swift lebih duluan keluar daripada Honda Jazz, tapi sayang Swift terlambat promosi. Dan saat ini Toyota Yaris terus membayangi laju Honda Jazz yag melesat.

Penjualan Honda Jazz di Indonesia

Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia tahun 2004 Honda Jazz diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Dari tahun ke tahun, Honda Jazz terus mencatat penjualan yang konsisten dan menjadi market leader di kelas hatchback. Dengan total penjualan sebesar 193.849 unit sejak tahun 2004 – 2012, Honda Jazz menjadi mobil hatchback dengan penjualan tertinggi di Indonesia.

Hanya dalam kurun waktu sekitar 9 tahun sejak diluncurkan, Honda Jazz akan mencapai penjualan 200.000 unit pada awal tahun 2013.

Tak hanya dominan di sisi penjualan, Honda Jazz juga merajai berbagai aktivitas yang diikutinya, yang berhubungan dengan karakter mobil serta profil konsumennya. Aktivitas Honda Jazz di Indonesia terbagi menjadi tiga bagian besar: Pertama, racing. Kegiatannya ada dua One Make Race – Honda Jazz Speed Challenge, yang dilakukan sejak tahun 2006-sekarang dan Kejuaraan Nasional Indonesian Super Production sejak tahun 2006-sekarang. Kedua, modification. Bentuknya, melalui kegiatan Honda Jazz Tuning Contest sejak tahun 2005-sekarang. Ketiga, Youngsters. Honda Jazz Stars sebagai ajang pencarian bakat anak muda Indonesia untuk menjadi duta Honda Jazz mulai tahun 2007, 2008, dan 2010.

New Honda Jazz, Inovasi Paling Gres

Inovasi tiada henti dilakukan Honda Jazz. Tahun 2004, Jazz diluncurkan dengan teknologi i-DSI. Lalu, mesin VTEC yang lebih bertenaga namun juga hemat bahan bakar diperkenalkan pada 23 Juni 2005. Setelah itu, Jazz merilis edisi spesial Jazz “Rocks” pada tahun 2006 dengan fitur audio lebih lengkap dan yang pertama di kelasnya menggunakan koneksi USB.

Honda Jazz generasi kedua diluncurkan pada tahun 2008 dengan tampilan serba baru serta dilengkapi fitur terdepan di kelasnya. Tanggal 22 Januari 2013, New Honda Jazz diluncurkan yang menawarkan “Triple Value” melalui tiga varian yang terdiri dari tipe RS yang sporty, tipe S yang “advanced”, dan sebuah tipe baru yaitu tipe A yang dinamis dan memiliki harga lebih terjangkau.

Selain dari segi penjualan dan image, Honda Jazz juga mendapatkan pengakuan dari pihak ketiga berupa penghargaan dari berbagai lembaga sejak tahun 2004 hingga sekarang seperti; Car of The Year, Kepuasan Pelanggan Terbaik, Readers Choice, Best Buy, Top Brand, dan lain sebagainya Honda Jazz telah mengumpulkan 67 penghargaan Nasional dan juga 270 penghargaan Internasional.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved