Marketing Strategy

Ford Focus Dinobatkan sebagai Mobil Paling Laris di Dunia 2012

Ford Focus Dinobatkan sebagai Mobil Paling Laris di Dunia 2012

Ford Focus menjadi mobil dengan penjualan tertinggi di dunia sepanjang 2012. Toyota Corolla merupakan mobil kedua terlaris, menurut sebuah data yang baru-baru ini dirilis oleh lembaga pelacak penjualan R.L. Polk & Co.

Penjualan Ford Focus mencapai 1.020.410 di seluruh dunia. China merupakan pasar utama di belakang keberhasilan sedan kecil tersebut. Menurut pernyataan yang dikeluarkan Ford, penjualan di China mencapai 51% tahun lalu.

“Sejak peluncurannya di China akhir Maret tahun lalu, penjualan Focus terus menguat. Tahun lalu kami melakukan penambahan kapasitas manufaktur guna memperkuat penjualan mobil kecil kami secara global di tahun ini,” ujar Jim Farley, Wakil Presiden Eksekutif Ford.

Keberhasilan Focus juga membawa perubahan di pasar mobil AS. Penjualan Ford di negara itu meningkat 40%. Erich Merkle, analis penjualan di Ford, mengatakan, data tersebut memperlihatkan selera konsumen AS mendekati pasar-pasar internasional.

“AS mengarah pada kendaraan-kendaraan yang lebih kecil seperti Focus dan Escape. Saya kira belum pernah terjadi sebelumnya dimana pasar AS mirip dengan pasar global,” kata Merkle.

Sementara itu, Toyota Corolla berhasil menjadi mobil kedua terlaris. Penjualan mobil asal pabrikan Jepang itu mencapai 872.774. Selain Ford Focus, produsen mobil asal Amerika ini juga sukses membawa truk Ford F-Series ada di peringkat ketiga dengan penjualan 785.630. (Lila Intana/Reuters)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved