Management Strategy

Demi Perkuat Bisnis, Astra Otoparts Akuisisi Pakoakuina

Oleh Admin
Demi Perkuat Bisnis, Astra Otoparts Akuisisi Pakoakuina

Perusahaan komponen otomotif PT Astra Otoparts Tbk berupaya memperkuat lini bisnisnya. Untuk itu, perusahaan pun mengakuisisi sebagian besar saham PT Pakoakuina, anak perusahaan Triputra Group yang bergerak di bidang usaha yang sama.

“PT Astra Otoparts Tbk telah mengakuisisi 51 persen saham PT Pakoakuina dengan membeli sebagian saham milik pemegang saham minoritas dan mengambil seluruh saham baru yang dikeluarkan oleh Pakoakuina senilai Rp 700 miliar,” terang Robby Sani, Direktur Astra Otoparts, di Jakarta, Senin (29/4/2013).

Robby Sani, Direktur Astra Otoparts

Sebelumnya, sebagian besar (89 persen) saham di Pakoakuina dipegang oleh Trikirana Investindo Prima. Sisanya, yaitu sebanyak 8 persen dimiliki oleh Hadi Kasim dan 3 persen dipunyai oleh Petrus Harto Mulyono.

Dengan masuknya Astra Otoparts, komposisi kepemilikan saham lantas berubah. Kini perusahaan yang sudah mengekspor produknya ke lebih dari 30 negara itu mempunyai 51 persen saham. Sementara Trikirana Investindo Prima mempunyai 46,75 persen saham, dan Hadi Kasim dengan 2,25 persen.

Bersama grup Pakoakuina, Astra Otoparts kini mempunyai bisnis komponen otomotif yang baru, yaitu produk wheel rim (velg) untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Komponen ini diproduksi di pabrik Sunter seluas 3,8 hektar dan Karawang seluas 14,5 hektar. Kapasitas produksi kedua pabrik itu mencapai 7,4 juta unit dalam setahun.

“Dengan investasi sejumlah Rp 700 miliar ini, PT Astra Otoparts Tbk berniat untuk terus mengembangkan industri komponen otomotif yang kuat dan kompetitif dengan perluasan bisnis di bidang wheel rim, serta menjadi mitra strategis untuk pelaku industri otomotif dalam negeri maupun mancanegara yang merupakan bagian dari visi PT Astra Otoparts Tbk,” tandas Robby. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved