Business Research

Separuh Perusahaan Asuransi di Indonesia Raih Predikat “Sangat Bagus”

Separuh Perusahaan Asuransi di Indonesia Raih Predikat “Sangat Bagus”

Lebih dari separuh perusahaan asuransi yang beroperasi di Indonesia dinilai memiliki kinerja sangat sehat dan berhasil meraih predikat “sangat bagus” dari Rating 123 Asuransi versi Infobank 2013.

Kepala Biro Riset Infobank, Ateng Anwar Darmawijaya, mengatakan, perusahaan-perusahaan asuransi mampu mempertahankan pertumbuhan bisnisnya di atas industri.

Riset dilakukan dengan pendekatan terhadap laporan keuangan publikasi misalnya untuk perusahaan asuransi jiwa di Indonesia dengan 10 kriteria, yaitu RBC, rasio likuiditas, dana jaminan/cadangan teknis, investasi/cadangan teknis plus utang klaim, aktiva tetap/modal sendiri, pendapatan investasi netto/rata-rata investasi, rasio beban klaim neto/pendapatan premi neto, rasio laba dengan rata-rata modal sendiri.

Dari hasil riset tersebut terpilih lima perusahaan asuransi jiwa yang mendapat predikat “sangat bagus” dengan premi bruto Rp1 triliun ke atas. Ke-5 perusahaan itu adalah Asuransi Jiwa Mega Life, Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera, Commonwealth Life, Asuransi Allianz Life dan Prudential Life Assurance.

Untuk kategori perusahaan asuransi jiwa dengan premi bruto Rp 200 miliar sampai dengan di bawah Rp 1 triliun, yang berpredikat “sangat sagus” yakni Heksa Eka Life Insurance, Asuransi Cigna dan Equity Life Indonesia.

Perusahaan asuransi jiwa yang premi brutonya di bawah Rp 200 miliar dengan predikat “sangat bagus” yakni Asuransi Jiwa Kresna dan Asuransi Jiwa Recapital.

Sementara untuk perusahaan asuransi umum dengan premi Rp 500 miliar ke atas dan berpredikat “sangat bagus” adalah, Asuransi Bangun Askrida, Raksa Pratikara, Jasaraharja Putera, Asuransi Adira Dinamika dan Asuransi Indrapura.

Untuk perusahaan asuransi umum dengan premi bruto Rp 100 miliar sampai dengan di bawah Rp 500 miliar dan berpredikat “sangat sagus” adalah Pan Pacific Insurance, Central Sejahtera Insurance, Asuransi Tri Pakarta, Citra International Underwriters dan Asuransi Multi Artha Guna.

Sedangkan perusahaan asuransi umum dengan premi bruto di bawah Rp100 miliar dan berpredikat “sangat bagus” adalah Asuransi Raya, Asuransi Umum Videi, Asuransi Eka LIoyd Jaya, BESS Insurance dan Arthagraha General Insurance. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved