Marketing

Strategi Sequislife Dekatkan Diri ke Pelanggan

Strategi Sequislife Dekatkan Diri ke Pelanggan

Bagi perusahaan asuransi jiwa, PT Asuransi Jiwa Sequis Life, konsumen bukanlah sekadar objek, melainkan aset perusahaan. Karena itu, berbagai pendekatan jitu dilakukan. Hal yang baru saja dilakukannya adalah kegiatan parade simpatik dalam rangka memeriahkan Hari Pelanggan Nasional 2013, dengan rute RRI-kawasan Monas-Sarinah-Bundaran HI-Jalan Imam Bonjol.

sequislifeParade barisan Sequislife diikuti oleh 100 karyawan dan disemarakkan oleh aktraksi ondel-ondel Jakarta, sebagai simbol Sequislife adalah perusahaan nasional yang dekat dengan pelanggan. Mengusung tema “Hari Esok yang Lebih Baik Dimulai Saat Ini Juga,” karyawan Sequislife menggunakan kaos putih serta topi hitam membagikan suvenir kepada masyarakat yang hadir di lokasi acara. Tema ini sengaja dipilih untuk mendorong peserta dan masyarakat optimistis dan bersemangat dalam meraih masa depan, sesuai dengan tagline Sequislife, For A Better Tomorrow.

“Ini pertama kalinya kami mengikuti kegiatan hari pelanggan nasional. Animo karyawan kami untuk berpartisipasi sangat besar terbukti dari kuota peserta parade yang dapat kami penuhi. Kami melihat acara seperti ini sangat bermanfaat untuk mendekatkan diri dengan konsumen, karena konsumen adalah bagian penting untuk mencapai visi sebagai perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan terdepan di Indonesia,” ujar Yeoh Ah Thoo, Chief Operating Officer&Director Sequislife.

Santih Gunawan, Deputy General Manager Head of Policy Owner Services Department Sequislife, menambahkan, ”Untuk melayani pelanggan bagi para frontliners sudah biasa setiap harinya, tapi di hari ini menjadi luar biasa karena top manajemen dan karyawan back office dapat ikut turun bertemu langsung dengan para pelanggan. Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini karena kami dapat mengucapkan terimakasih sebagai apresiasi kami pada pelanggan dan juga memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyapa langsung para pelanggan.“

Perusahaan berkeyakinan, saat ini, paradigma tentang konsumen telah berubah, yakni bukan lagi sebagai objek tapi menjadi aset perusahaan, sehingga wajib mendapatkan layanan yang terbaik dan memuaskan. Untuk itu, perusahaan harus mengenal konsumennya. “Dengan bergabung di acara parade simpatik, kami berharap konsumen dapat merasakan kehadiran Sequislife lebih dekat dengan mereka. Demikan juga kami dapat langsung bertemu dan menyapa konsumen dalam suasana non formal,” Santih menambahkan.

Dalam meningkatkan layanan, Sequislife memiliki National Service Center dan Regional Service Center yang tersebar di lima kota besar (Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Medan), satu telecenter di Jakarta, serta 29 kantor pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk beberapa kota besar, Sequislife membuka lebih dari dua kantor perwakilan, seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Bali, Palembang, Medan, dan Batam.

”Indonesia yang merupakan negara kepulauan, tentu bukan hal yang mudah dalam hal distribusi. Untuk itu, dengan adanya perluasan cabang di berbagai kota, sangat membantu kami dalam memberikan layanan dan informasi ke konsumen Sequislife yang tersebar di seluruh Indonesia. Dedangkan untuk lima kota besar kami buka hingga hari Sabtu,” tutur Yeoh.

Tingginya mobilisasi masyarakat juga disadari oleh Sequislife. Tidak semua konsumen berkesempatan dapat datang langsung ke Service Center. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, perusahaan menyediakan berbagai sarana untuk memudahkan konsumen menyampaikan tanggapan dan pertanyaan. Dapat melalui call center maupun email care.

Perusahaan juga menyadari kemajuan era digital menyebabkan perubahan perilaku konsumen. Di mana era perputaran informasi dan pengetahuan menjadi sangat tinggi dan determinasi teknologi sangat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan. ”Bagi kami ini adalah tantangan untuk memahami keinginan konsumen. Era digital telah membuat konsumen memiliki ekspektasi tinggi untuk dapat menghubungi kami atau menerima informasi dengan cepat. Hal ini juga merupakan peluang karena kami berkomitmen membangun hubungan jangka panjang,” papar Santih.

Karena itu, Sequislife menyediakan layanan my.sequislife.com, di mana melalui website ini nasabah dapat mencetak ulang dan menerima Pernyataan Transaksi melalui email, hanya dengan login dan mengisi password yang sudah dibuat untuk menjaga keamanan informasi nasabah.

Perusahaan pun mengedukasi masyarakat dengan menyediakan situs dan twitter yang berisi tips seputar hidup sehat, pendidikan, dan investasi. ”Menyehatkan dan mencerdaskan masyarakat adalah tugas semua orang termasuk korporasi. Masyarakat semakin banyak yang mengakses internet, untuk itu kami mensosialisasikan hidup sehat dan cerdas melalui web dan twitter seizeurfuture,” tandas Yeoh. (EVA)


Copyright @2023. SWA Online Magazine

All Right Reserved