Youngster Inc. Siapa Dia

Alfia Wardah

Alfia Wardah

Alfia Wardah

~~

Bagi Alfia Wardah, Kepala Divisi Home Care PT 3M Indonesia, bekerja di 3M membuatnya dapat menyalurkan jiwa kewirausahaannya, dan itulah yang membuatnya tertarik bergabung. “Di sini, prinsipnya, 15% dari waktu setiap hari dapat kami luangkan untuk menciptakan produk baru. Artinya, dalam bekerja kami dianjurkan untuk terus berinovasi. Tidak masalah melakukan kesalahan. Kesalahan sebagai suatu pembelajaran agar ke depan bisa lebih baik lagi,” katanya.

Sebagai contoh, salah satu produk 3M yaitu Post It Notes, justru lahir dari sebuah kesalahan. “Post It Notes itu awalnya dikira sebagai lem yang gagal. Namun dari kegagalan itu tercipta suatu produk yang inovatif hingga sekarang,” kata wanita kelahiran 24 Agustus 1980 ini.

Pencapaian karier Alfia di 3M bisa dibilang cepat. Saat awal bergabung di 2006 sebagai Manajer Merek Junior, setahun kemudian ia telah menjabat sebagai Manajer Produk, dan di 2008 ia menjadi Kadiv. Saat itu Alfia bertanggung jawab atas produk home care, consumer health care, dan divisi konstruksi. “Tahun 2011, saya fokus pegang divisi home care,” katanya. Sebagai kadiv, Alfia mengelola semua dari hal manajemen penjualan, manajemen inventori, manajemen pemasaran termasuk riset branding dan peluncuran produk baru.

Baginya melakukan tugas dengan sebaik mungkin akan memberikan kepuasan tersendiri. Hasilnya, penghargaan pun berhasil diraih. Pada 2010, Alfia mendapat penghargaan internal Chief Tain Award sebagai Best Division Head di 3M. Di tahun yang sama, ia juga menjadi pemenang Global Marketing Award 3M yang diadakan 3M secara global. Hal itu pun tak lepas dari kemampuannya mengelola tim, serta menjalin hubungan yang saling menghormati dengan sesama kolega dan mitra. “Ada kalanya saya harus bisa memosisikan diri sebagai teman, dan ada kalanya sebagai supervisor,” kata istri Anton Saputra dan ibu Alesya Zahra Maulida ini.

Denoan Rinaldi


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved