Management

2017, BRI Targetkan Seluruh Sistem Operasional Raih Sertifikasi ISO

Oleh Admin
2017, BRI Targetkan Seluruh Sistem Operasional Raih Sertifikasi ISO

Laju profitabilitas PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk belum tergeser selama ini. Sejak tahun 2005, BRI sukses mempertahankan diri sebagai bank pencetak laba terbesar dan memberi imbal hasil paling menggiurkan bagi pemegang sahamnya di Tanah Air.

BRI

BRI

Catatan manis profitabilitas itu bisa terjadi karena didukung oleh tata kelola (Good Corporate Governance) perusahaan yang baik dan bersih. Sebab itu, tidak heran bila pada penghujung tahun 2013 ini, BRI menyabet sertifikasi ISO 9001:2008 dari Badan Sertifikasi LRQA (Lloyd’s Register Quality Assurance) yang telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Internasional atau United Kingdom Accreditation Service (UKAS) dan Komite Akreditasi Nasional, untuk “Provision of Card Center and Complaint Handling.”

“Bank BRI telah berhasil mendapatkan sertifikasi itu. Sertifikasi ini adalah bentuk penilaian terhadap sistem manajemen mutu yang telah diterapkan terhadap proses produksi kartu dan penanganan keluhan nasabah, yang pada akhirnya dapat menjamin kepuasan nasabah,” ujar Sekretaris Perusahaan BRI, Muhamad Ali, di Jakarta, Kamis (26/12/2013).

Selain itu, untuk kali kedua, BRI juga berhasil mempertahankan sertifikat ISO 9001:2008 untuk Provision of Payment system by RTGS and Clearing, and Remittance. Sertifikat ini telah diterima pada tahun lalu. Sertifikasi ini adalah bentuk penilaian terhadap sistem manajemen mutu yang telah diterapkan terhadap proses sistem pembayaran menggunakan RTGS dan kliring, serta proses pengiriman uang dari luar negeri atau remitansi.

Dengan pencapaian ini, hingga Desember 2013, Bank BRI telah menerima lima sertifikasi, yakni untuk proses produksi kartu, penanganan keluhan nasabah, sistem pembayaran menggunakan RTGS dan kliring, serta proses pengiriman uang dari luar negeri atau remitansi, dan sertifikasi manajemen mutu untuk proses audit yang telah diterapkan oleh BRI.

“Dan ditargetkan seluruh sistem operasional di BRI akan mendapatkan sertifikasi ISO pada tahun 2017 mendatang. Saat ini tersisa delapan bagian lagi yang belum terakreditasi sertifikasi ISO,” pungkas Ali.

Sebagai informasi, LRQA didirikan pada tahun 1985, dan menjadi lembaga sertifikasi pertama yang mendapatkan akreditasi untuk menerbitkan sertifikat sistem manajemen mutu dari Dewan Akreditasi Nasional untuk Lembaga Sertifikasi, atau yang sekarang dikenal sebagai UKAS (United Kingdom Accreditation Service). Saat ini, LQRA beroperasi di sebagian besar negara di seluruh dunia. Sedangkan UKAS adalah satu-satunya badan akreditasi yang telah diakui untuk menilai menggunakan standar-standar yang disepakati secara internasional berdasarkan Peraturan Akreditasi 2009 (SI No 3155/2009) dan Peraturan Uni Eropa (EC) 765/2008. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved