Marketing Strategy

Upaya Sharp Menguasai Pasar LED di Indonesia

Upaya Sharp Menguasai Pasar LED di Indonesia

Tahun 2014 pasar LED TV kian menggiurkan. Bila tahun lalu permintaan mencapai 4 juta unit, maka tahun ini diprediksi menjadi 5,2 juta unit atau meningkat 30%. Peningkatan tersebut karena didorong ada ajang World Cup 2014 dan Pemilu 2014.

sharpaquos

Menurut Fumihiro Irie, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia (SEID), dominasi permintaan LED masih dikuasai LED 32 inch, di mana porsinya mencapai 41% atau sekitar 2,15 juta unit.”Bila tahun lalu market share hanya 21%, maka tahun ini Sharp mematok marketshare LED sekitar 25% untuk menjadi market leader di Indonesia,” kata Irie.

Untuk mencapai target tersebut, Sharp telah merancang produk yang akan menjadi andalan yaitu LED TV Aquos IIOTO yang didisain sesuai kebutuhan konsumen di Indonesia. Salah satu seri terbaru yang akan menjadi andalan adalah LC-32DX888I (dengan speaker box) yang dilengkapi dengan 4 speaker yang terdiri dari 3 inch woofer dan tweeter untuk memberikan output yang seimbang. Selain itu juga dilengkapi 5 band equalizer agar alunan suara lebih halus dan disesuaikan dengan selera pilihan konsumen.

Selain itu LED yang dijual dengan harga end user Rp 3.599.000/unit dilengkapi dengan fitur andalan lainnya seperti USB Connection (untuk memutar film), photo frame, component terminal yang dilengkapi dengan surround sound 10W+10W. Seri lainnya yaitu LC-32DX88I (tanpa speaker Box) yang dijual dengan harga Rp 3.399.000/unit yang memiliki berbagai varian warna yang diharapkan mampu bersaing dalam pasar layar datar ukuran 32 inch.

“Untuk kedua seri terbaru ini kami targetkan bisa menjual sekitar 10 ribu unit/bulan,” kata Herdiana Anita Pisceria, Produk Marketing Manager PT SEID.

Herdiana menambahkan, hingga saat ini kontribusi penjualan LED TV sekitar 22% dari total penjualan SEID yang mencapai sekitar Rp 8,5 triliun hingga akhir 2013. Sedangkan tahun ini penjualan SEID menargetkan pertumbuhan sekitar 35%. Selain tetap mengandalkan produk yang sudah ada, SEID akan terus berinovasi meluncurkan produk baru yang unik yang sesuai dengan kebutuhan pasar untuk mengejar target yang ditentukan.(EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved