Business Research

Kadence: Industri Market Research Indonesia Akan Tumbuh 20% di 2014

Kadence: Industri Market Research Indonesia Akan Tumbuh 20% di 2014

Kadence International, perusahaan riset global yang melakukan riset di seluruh Indonesia memprediksi pertumbuhan industri market research Indonesia akan sebesar 15-20% di tahun 2014. “Angka ini akan membaik hingga mencapai 15-20% pada semester II/2014,” kata Managing Director Kadence International Indonesia, Vivek Thomas.

Kadence-Vivek

Vivek Thomas, Managing Director PT Kadence International Indonesia

Vivek menjelaskan, di semester I/2014 pertumbuhan industri market research akan sedikit terpengaruh oleh ketidakpastian yang dialami oleh pertumbuhan industri secara umum. Kondisi ketidakpastian ini terjadi karena pelaku industri pada umumnya masih menunggu siapa yang akan maju dan terpilih di kursi kepresidenan untuk memimpin Indonesia hingga lima tahun mendatang.

“Para pelaku industri akan wait and see, karena kebijakan yang dibuat oleh kandidat terpilih akan berpengaruh pada berjalannya industri nantinya. Sebagai salah satu penggerak ekonomi Indonesia, industri market research juga sedikit terkena dampak dari kondisi ketidakpastian ini,” katanya.

Secara umum, Vivek memprediksi industri akan tumbuh 3-4% di semester I/2014 dan akan meningkat hingga sekitar 6% pada semester II/2014.

(kanan) Vivek Thomas, Managing Director PT Kadence International Indonesia

(kanan) Vivek Thomas, Managing Director PT Kadence International Indonesia

Dari sisi pencapaian, di tahun 2013 Kadence International membukukan pendapatan sebesar Rp 94,2 miliar atau tumbuh 59% dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 59,2 miliar. Pertumbuhan ini jauh melampaui pertumbuhan rata-rata industri market research tahun 2013 sebesar 15%. Tingginya angka pertumbuhan ini didorong oleh semakin meningkatnya kesadaran perusahaan-perusahaan di Indonesia akan pentingnya research.

Vivek mengungkapkan, dibanding dengan negara lain, tingkat kesadaran perusahaan di Indonesia tentang research masih tergolong rendah. Semakin tingginya kompetisi dalam industri menjadi salah satu faktor yang mendorong perusahaan mulai menyadari perlunya market research dalam menjalankan bisnis.

“Kadence kembali membukukan pertumbuhan yang cemerlang di tahun 2013. Pencapaian ini semakin mengukuhkan Kadence sebagai perusahaan market research dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Di tahun 2014, kami menargetkan untuk tumbuh sebesar 22%, Kami akan terus berupaya mengembangkan inovasi berupa metode-metode research terbaru untuk tetap menjadi yang terdepan,” katanya.

Asal tahu saja, Kadence merupakan lembaga riset pasar yang beroperasi di Amerika Serikat, Inggris, India, Singapura, Indonesia, Hong Kong dan Vietnam. Didirikan pada tahun 1992, Kadence menawarkan solusi dan manfaat research dalam dunia pemasaran. Setiap kantor Kadence di berbagai belahan dunia bekerja dengan sistem, proses, dan komitmen yang sama demi mencapai hasil yang optimal, yang memungkinkan Kadence untuk menemukan solusi yang tepat bagi setiap perusahaan. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved