Management Strategy

Rahasia Pacific Place Raih Platinum Green Building

Rahasia Pacific Place Raih Platinum Green Building

Upaya PT Pacific Place Jakarta untuk menjalankan praktek efisiensi energi sejak tahun 2010 berbuah manis. Pada Senin 17/3 lalu Pacific Place Mall dinobatkan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI) sebagai pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang ramah lingkungan kategori Platinum.

pacific-place

Menurut H.V. Jovellana,Jr, COO PT Pacific Place Jakarta, sertifikasi ini tidak hanya menguntungkan bagi kelestarian lingkungan tetapi juga menghasilkan benefit dari sisi bisnis. “Kami mengaplikasikan praktek hemat energy dengan cara recycle, reschedule, readjust dan replacing masing-masing bisa menekan biaya operasional hingga 25 % setiap bulan,” jelas Jovellana.

Secara teknis, prinsip hemat energi guna mendukung kelestarian lingkungan dilaksanakan PT Pacific Place dalam dua tahap yaitu short term investment dan middle term investment. Short term investment adalah investasi yang dilaksanakan lewat praktek reschedule, recycle dan readjust.

Jovellana mencontohkan, untuk penghematan energi listrik dilakukan reschedule indoor lighting. Jika sebelumnya, penerangan dalam mall Pacific Place dinyalakan sejak pukul 9.30 WIB, maka jadwalnya dimundurkan hingga pukul 9.40 WIB, dengan demikian mereka telah menghemat 10 menit energi listrik yang akan dipakai dalam satu hari.

Praktek short term investment lainnya adalah readjust, di mana salah satu langkahnya adalah dengan mengoperasikan penyejuk udara dengan satu derajat lebih tinggi dari sebelumnya. Selain itu PT Pacific Place juga memanfaatkan air daur ulang guna memenuhi kebutuhan air di luar dan dalam gedung. Pada investasi jangaka menengah atau middle term, menurut Jovellana mereka menginvestasikan pada penggantian alat pendingin dan lampu dengan teknologi baru yang memiliki kemampuan saving energi.

“Sebelumnya kita harus mengeluarkan (biaya) untuk penyejuk udara hampir setengah dari total biaya operasional, sekarang kami bisa hemat sekitar 13 % dari situ. Penggantian lampu dengan sistem enrgy saving pun bisa menghemat total diatas 10 %,” jelas Jovellana.

Memang di awal gerakan ini dijalankan, PT Pacific Place sendiri harus menginvestasikan sejumlah dana. Tetapi menuurt Jovellana, pihak CEO PT Pacific Place Jakarta langsung meneyetujui investasi tersebut karena perhitungan ROI-nya yang kurang dari 3 tahun. Jovellana menggambarkannya dengan mengambil contoh investasi dalam sistem saving energi alat penyejuk udara “ Kami menginvestasikan sekitar Rp 1,5 miliar untuk satu sistem itu saja, tetapi ROInya hanya 1,5 tahun saja,” jelas Jovellana.(EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved