Marketing Strategy

Penjualan Naik, Honda Kuasai 11,3% Pangsa Pasar

Penjualan Naik, Honda Kuasai 11,3% Pangsa Pasar

All New Honda City

All New Honda City

Masyarakat Indonesia ternyata menyambut baik All New Honda City dan produk-produk Honda lainnya. Terbukti, penjualannya mengalami peningkatan. Untuk All New Honda City, belum lama diluncurkan, yakni 24 April 2014 lalu, mampu merebut nilai penjualan tertinggi di segmen mini sedan. Sepanjang April 2014, tercatat telah terjual sebanyak 480 unit dengan pangsa pasar 31% di segmen mini sedan.

Honda City ini merupakan model mini sedan dengan penjualan tertinggi di Indonesia hingga saat ini dengan total penjualan 64 ribu sejak 1996. All New Honda City merupakan generasi keempat dari Honda City yang hadir dengan desain baru yang semakin dinamis, fitur yang semakin inovatif, mesin tenaga terbesar di kelasnya, juga kabin yang semakin lega.

Angka penjualan baik tidak hanya dicatat oleh All New Honda City, tetapi juga produk sedan Honda lainnya. Di bulan yang sama, Honda Accord mengalami penjualan sebanyak 126 unit dari bulan sebelumnya 58 unit. Sepanjang 2014, total penjualan jenis ini adalah sebesar 268 unit dengan pangsa pasar sebesar 15% di kelas medium sedan.

Kemudian Honda Civic, April lalu terjual 46 unit sehingga total penjualan sepanjang 2014 adalah 281 unit dengan pangsa pasar 23% kelas small sedan. Di kelas sport, Honda CR-Z memimpin dengan penjualan 12 unit di bulan April dan total penjualan sepanjang 2014 adalah 78 unit dengan pangsa pasar 38%.

Adapun Honda Mobilio, menjadi produk terlaris Honda dengan total penjualan 7526 unit. Hal ini memantapkan posisinya sebagai peringkat kedua segmen low MPV di Indonesia. Posisi tersebut diraih setelah meraih penjualan sebesar 25867 unit sejak Januari 2014 hingga April 2014 dengan pangsa pasar 19% di kelasnya.

Posisi penyumbang penjualan tertinggi berikutnya adalah Honda Brio Satya dengan penjualan 1224 unit. Total penjualan untuk produk ini hingga April 2014 adalah 6007 unit dengan penguasaan pasar sebesar 10% di kelas LCGC. Sementara New Honda Brio terjual 631 unit di bulan April dengan total penjualan 4141 unit sepanjang 2014 dan menguasai 22% pangsa pasar untuk kelas city car.

Honda Freed juga mengalami peningkatan secara signifikan, menjadi 1136 unit di bulan April. Total penjualan produk kelas MPVini sebesar 2559 unit dengan penguasaan pasar 8%. Di kelas Hatchback, Honda Jazz memimpin sebesar 38% dengan total penjualan 5860 unit.

Honda CR-V selama April 2014 terjual 480 unit sehingga sepanjang 2014 jumlahnya mencapai 3025 dengan pangsa pasar 16% untuk kelas SUV. Sementara itu, Honda Odyssey terjual 151 unit dengan total penjualan 538 dengan pangsa pasar sebesar 21% di kelas upper MPV.

Penjualan April lalu, produk Honda mengalami penambahan 13025 unit sehingga total penjualan sepanjang 2014 mencapai 49104. Jumlah ini membuat Honda menguasai 11,3% pangsa pasar di seluruh Indonesia.

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor mengungkapkan pihaknya bersyukur karena produk-produknya diterima dengan baik. “Kami berharap tren penjualan yang positif ini akan terus konsisten ke bulan-bulan selanjutnya,” tambahnya. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved