Editor's Choice

AXA Life Indonesia Terus Berinovasi

AXA Life Indonesia Terus Berinovasi

Potensi bisnis asuransi kesehatan di Indonesia masih terbuka lebar karena baru 5% dari penduduk Indonesia yang sudah memiliki asuransi kesehatan. Salah satu pemain asuransi kesehatan di Indonesia PT AXA Life Indonesia selalu berinovasi untuk menyediakan produk terbaik dan yang paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan perlindungan nasabah melalui beragam jalur distribusi.

Bagaimana strategi PT AXA Life Indonesia menggarap pasar asuransi kesehatan? Yanti Parapat, Sales Business Development Director PT AXA Life Indonesia, memaparkannya kepada Indah Pertiwi:

AXAYanti

Berapa besar klaim asuransi kesehatannya rata-rata per bulan/tahun?

Seperti asuransi kesehatan pada umumnya, klaim akan selalu ada. Adapun jumlah klaim per bulan/tahun akan bervariasi tergantung pada kebutuhan perlindungan kesehatan nasabah, karenanya kami tidak dapat menyediakan informasi terkait hal ini.

Dari total klien di Indonesia, berapa persen yang melakukan klaim untuk pengobatan di luar negeri?

Saat ini AXA melayani lebih dari satu juta nasabah di Indonesia. Terkait dengan klaim kesehatan, nasabah yang melakukan klaim untuk pengobatan di luar negeri adalah mereka yang menerima perlindungan asuransi kesehatan dari AXA yang memiliki fitur jangkauan internasional. Jumlah nasabah tersebut selalu bervariasi tergantung dari kebutuhan perlindungan kesehatan yang dimiliki nasabah.

Bagaimana perbandingannya dengan dalam negeri?

Sesuai dengan yang kami jelaskan sebelumnya, jumlah nasabah tersebut bervariasi tergantung dari kebutuhan perlindungan kesehatan yang dimiliki nasabah.

AXAYanti(tegak)

Dari segi nominal berapa persen spending klien untuk pengobatan di luar negeri?

Saat ini informasi tersebut belum tersedia, namun jumlah pengeluaran nasabah untuk pengobatan di luar negeri ini akan selalu bervariasi tergantung dari kebutuhan perlindungan kesehatan nasabah. Namun perlu kita sadari, biaya kesehatan meningkat 10%-20% setahun, sedangkan sebagian besar masyarakat Indonesia membiayai perawatan kesehatan secara pribadi, itu sebabnya penting bagi masyarakat untuk memiliki perlindungan asuransi guna memastikan bahwa perencanaan keuangan mereka tidak terganggu oleh berbagai risiko yang terjadi.

Berapa market size bisnis ini?

Saat ini potensi pasar asuransi kesehatan sangatlah signifikan, mengingat dari 240 juta penduduk Indonesia, hanya kurang 5% yang memiliki asuransi kesehatan. Itu sebabnya kami yakin industri asuransi, terutama asuransi kesehatan masih dapat dikembangkan dengan lebih signifikan.

Target nasabah tahun ini berapa?

Sesuai dengan kebijakan perusahaan, kami tidak dapat memberikan informasi mengenai target nasabah. Namun kami bertujuan untuk mempertahankan pertumbuhan jumlah nasabah yang berkesinambungan.

Apa keunggulan asuransi kesehatan yang ditawarkan AXA?

AXA Indonesia memiliki produk asuransi kesehatan yang bervariasi dan ditawarkan melalui berbagai jalur distribusi. Keunggulan asuransi kesehatan yang ditawarkan AXA adalah jajaran produk yang ada dikembangkan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Selain itu, kami berusaha menghadirkan layanan yang memungkinkan nasabah dapat menikmati fasilitas asuransi dengan lebih nyaman seperti fitur pengembalian premi hingga 100% jika tidak ada klaim selama 5 tahun, komprehensif, perlindungan untuk kondisi pre-existing, jangkauan internasional dan sebagainya.

Berapa % penguasaan pasarnya?

Kami tidak dapat memberikan informasi mengenai hal ini, terkait kurangnya data yang kami miliki. Data semacam ini merupakan ranah dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia.

Saat ini bekerja sama dengan siapa saja terkait asuransi kesehatan?

Terkait dengan bisnis, AXA menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik dari lembaga nonprofit seperti PMI,Yayasan Kanker Indonesia, lalu juga dengan perbankan, consumer goods, telecommunication services dan lain sebagainya.

Bagaimana mengenai perkembangan preminya?

Kami belum dapat menginformasikan mengenai pertumbuhan premi terkait kesehatan. Namun AXA indonesia akan selalu bertujuan untuk mempertahankan pertumbuhan premi yang berkesinambungan.

Apa strategi AXA untuk lebih meningkatkan jumlah nasabah?

Di AXA, cara untuk memasarkan asuransi berubah sepanjang waktu, kami selalu berinovasi untuk menyediakan produk terbaik dan yang paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan perlindungan nasabah melalui beragam jalur distribusi.

Selain dari jalur distribusi seperti telemarketing, bancassurance, dan keagenan, kami berinvestasi besar-besaran untuk memanfaatkan revolusi digital. Cara berinterkasi yang sama sekali baru dengan nasabah dan distributor kami sekarang dimungkinkan. Kami dapat lebih sering berinteraksi dan memberikan akses yang lebih besar terhadap informasi tentang produk dan layanan kami, meningkatkan dan mempercepat proses-proses kami dan bahkan memungkinkan nasabah untuk membeli produk secara online.

Itulah sebabnya kami memperbarui situs web kami (www.axa.co.id), mensponsori portal kesehatan (sehatuntuksemua.com), mengembangkan portal nasabah dan mengintensifkan kehadiran kami di media sosial. (***)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved