Business Research

Karan Khetan: Hunian dengan Fasilitas Olahraga Menjadi Incaran

Karan Khetan: Hunian dengan Fasilitas Olahraga Menjadi Incaran

Tren hunian yang dilengkapi fasilitas olahraga memang sedang naik daun. Pasalnya fasilitas tersebut mampu memberikan kenyamanan dalam aktivitas leisure di mana ketika waktu tersita oleh rutinitas kerja seharian, maka berolahraga adalah pilihan yang tepat, seperti renang, gym, dan masih banyak lagi.

KK Work Image

Agaknya tren tersebut ramai menjadi bidikan para pencari hunian. Seperti yang diungkapkan oleh Kharan Ketan, Managing Director Lamudi, sebuah perusahan penyedia layanan platform pencarian rumah di Indonesia, “Masyarakat kelas atas cenderung menginginkan hunian seperti ini, oleh karena itu kami akan coba menghubungkan mereka dengan berbagai developer.”

Ada beberapa developer terkemuka yang mengembangkan hunian dengan dilengkapi fasilitas olahraga yang elegan. Misalnya saja PT Summarecon baru-baru ini telah merampungkan The Springs Club, yang menawarkan fasilitas lengkap yaitu klub olahraga dengan standar internasional yang berada di dalam pengembangan kawasan hunian dengan konsep harmoni akan hidup sehat, di area Summarecon Serpong.

asda

Proyek yang menelan dana sekitar Rp 100 miliar dan dibangun di atas lahan seluas 3,8 ha dari total 120 ha ini terdiri dari kolam renang ukuran olympic, delapan lapangan badminton indoor, lapangan futsal, tenis, squash, fitnes & gym, tenis meja, kolam renang anak, spa, hingga kolam air panas dan dingin.

Pengembang lain yang sangat memperhatikan sarana olahraga juga dilakukan oleh Sinar Mas Land. Seperti yang tampak pada info grafis, kawasan hunian Kota Wisata Cibubur seluas 1000 Ha di Jakarta Timur memberikan fasilitas sport club untuk gym dan aerobic berstandar bintang lima, kolam renang ukuran olimpiade dan ukuran anak-anak, lapangan futsal, lapangan tenis, lapangan bulu tangkis, serta lapangan basket.

Kebutuhan akan fasilitas olahraga juga menjadi perhatian PT Agung Sedayu Group pada salah satu kompleks properinya, Puri Mansion yang terletak di Kembangan, Jakarta Barat. Hunian berkelas yang memiliki klaster dan apartemen ini dibangun di atas tanah sebesar 5,9 ha (beserta basement dan taman) dilengkapi dengan deretan fasilitas mulai dari dua sport club, children play ground, pedestrian walk, club house, aqua gym dan swimming pool dengan ukuran olimpiade, dan juga sejumlah lapangan olahraga seperti futsal, basket, dan badminton, jogging track.

Berdasarkan data Agung Podomoro Land Tbk, proyek Green Lake Sunter merupakan hunian yang paling cepat laku 100% karena hunian ini menawarkan residential apartments dengan lokasi menarik yang dikombinasikan dengan dan area perbelanjaan serta dilengkapi dengan fasilitas olahraga seperti gym, thematic swimming pool, children swimming pool, thematic jogging track, serta bicycle track.

Sejalan dengan ketiga developer tersebut di atas, Bintaro Jaya – Jaya Group, yang telah sukses mengembangkan kawasan Bintaro juga memiliki perhatian khusus pada ketersediaan fasilitas olahraga. Dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 50 ha, Kebayoran Symphony menekankan keselarasan antara hunian dan lingkungan, klaster hunian premium yang berada di boulevard Bintaro sektor 9 ini dilengkapi dengan club house, dan ballroom di sebelah kolam renang, lapangan futsal, lapangan tenis, dan basket 3 on 3.

Pertanyaan terbesarnya adalah mengapa konsumen saat ini lebih memilih fasilitas seperti ini? Karan Khetan, menjelaskan bahwa “Kelas menengah di Indonesia yang saat ini tengah terus meningkat, telah memilih produk yang dapat memenuhi faktor emosional yang mereka perlukan. Hal tersebut juga termasuk properti, di mana orang tidak hanya menginginkan kebutuhan rumah tinggalnya terpenuhi, namun juga secara emosional dapat memuaskan mereka, dimana sarana tersebut adalah untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat.”(EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved