Management Strategy

CBN Tuntaskan Paruh Awal Transformasi Menjadi Perusahaan ICT

CBN Tuntaskan Paruh Awal Transformasi Menjadi Perusahaan ICT

PT Cyberindo Aditama (CBN), perusahaan penyedia layanan komunikasi data dan solusi teknologi informasi, yang juga merupakan salah satu perusahaan pelopor ISP (Internet Service Provider) di Indonesia, menuntaskan paruh awal transformasinya dari perusahaan ISP menjadi sebuah grup perusahaan yang menyediakan berbagai jasa terintegrasi di bidang ICT (Information and Communication Technology). Transformasi yang telah dijajaki sejak tahun 2009 ini, dilakukan CBN untuk memenuhi pertumbuhan permintaan akan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia, khususnya dari dunia usaha.

(ke-2 dari kiri) Dani Sumarsono, Presiden Direktur CBN

(ke-2 dari kiri) Dani Sumarsono, Presiden Direktur CBN

Dani Sumarsono, Presiden Direktur PT Cyberindo Aditama, (CBN) mengatakan, di era digital yang ditandai dengan tingginya populasi netter (pengguna internet) di seluruh dunia, termasuk di Indonesia yang saat ini mencapai 83,4 juta jiwa, dan diperkirakan akan terus bertumbuh menjadi 112 juta jiwa pada 20171, CBN meyakini bahwa perusahaan yang memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi akan dapat memenangkan persaingan terutama dalam memasuki era globalisasi saat ini.

Untuk itulah CBN bertransformasi dari sebuah perusahaan ISP menjadi sebuah perusahaan ICT Group, yang menyediakan end to end total solution bagi dunia usaha dalam memenuhi berbagai kebutuhan tekonologi informasi dan komunikasi. CBN dapat membantu para pelanggan membangun sistem informasi dan komunikasi berbasis internet, baik untuk kebutuhan operasional, utilisasi sumber daya, perluasan pasar, peningkatan kepuasan pelanggan, dan berbagai value added services lainnya, sehingga mereka tidak saja dapat meningkatkan daya saing, tapi juga efisiensi biaya operasional.

Pada paruh awal transformasinya ini, CBN telah membangun lima unit usaha yang fokus menyediakan solusi teknologi dan infrastruktur di bidang Data Center, Cloud Computing, Contact Center & Business Process Outsourcing, Digital Content, dan pembangunan infrastruktur Fiber Optic.

NEX Datacenter menyediakan infrastruktur pusat data (data center) netral yang terkoneksi langsung ke lima belas telcos (perusahaan telekomunikasi) dan operator. CBNCloud merupakan salah satu pionir jasa cloud computing di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan berbasis komputasi awan.

Transcosmos Indonesia, yang merupakan kolaborasi CBN dengan Transcosmos Inc Jepang, yang telah berpengalaman lebih dari 45 tahun, menyediakan berbagai layanan seperti Call Center, Social Media Management, Voice Customer Analysis, Business Process Outsourcing (BPO), Customer Relationship Management (CRM), Digital Marketing dan e-commerce Solution. Dens.TV unit bisnis CBN yang menyediakan layanan lifestyle digital entertainment. Fiber Star adalah sebuah unit bisnis carrier neural yang merancang dan menyediakan jaringan infrastruktur fiber optic berbasis teknologi FTTx di berbagai kota.

Menandai tuntasnya paruh awal transformasi menjadi ICT Group, CBN meluncurkan identitas baru yang menjadi simbol dari komitmen perusahaan untuk terus menyediakan layanan-layanan baru di bidang ICT sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi.

Dani menambahkan, “Identitas baru CBN menggunakan filosofi air yang melambangkan komitmen perusahaan untuk terus menerus melakukan inovasi, yaitu transformasi dari kondisi semula ke kondisi terkini, dinamis, fleksibel dan up to date. Kami harapkan CBN Group akan menjadi perusahaan di bidang ICT yang secara berkelanjutan melakukan inovasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan dalam pemanfaatan internet yang menjadi core business kami.“

Sekadar informasi, PT Cyberindo Aditama (CBN Internet) didirikan tahun 1995 dan mulai beroperasi pada 1996, bermula dengan menyediakan layanan Internet bagi pengguna ritel maupun perusahaan. Bermodalkan pengalaman selama 19 tahun, CBN bertransformasi menjadi sebuah ICT Group untuk menyediakan total solusi bagi seluruh penggunanya. CBN akan terus berinovasi untuk terus melengkapi proses transformasinya. (EVA).


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved