Barisan Jawara Indonesia Best Brand 2022, Ini Rahasianya!

01 Dec 2022, 21:40 WIB
(Ki-ka) Kemal E.Gani – Group Chef Editor SWA Media, Banerjee – Executive Chairman PT ExxonMobil Lubricants Indonesia dan Hardi Mukharram jabatannya CEO Mars Digital (Foto: dok SWA)

Setelah dua tahun dilakukan secara daring akibat pandemi Covid-19, ajang penghargaan Indonesia Best Brand (IBBA) 2022 kali ini diselenggarakan  hybrid, yakni offline di Hotel Shangri-La Jakarta dan online melalui Zoom pada Rabu, 30 November 2022 jam 18.00-21.00 WIB.

Penghargaan Indonesia Best Brand 2022 berbarengan dengan Webinar Indonesia Best Brand Conference & Awarding bertema ‘New Marketing Paradigm: Managing Multiple Challenges Towards Sustainable Business’ dengan menghadirkan tiga sosok pembicara, yaitu  Wafa Taftazani, CEO Upbanx, Chairman VCGamers, dan Direktur RANS Venture. Lalu, Gupta Sitorus, Chief Sales & Marketing Officer WIR Group serta Ferry Haryanto, Direktur Marketing Garuda Food.

Perhelatan tahunan Indonesia Best Brand sudah dilakukan selama 20 tahun berturut-turut, sebagai apresiasi terhadap merek-merek terbaik di Tanah Air yang menjadi tolak ukur kinerja di Indonesia. Tahun 2022, ada 124 kategori yang telah mengikuti survei IBBA.

“Indonesia Best Brand Award  sendiri telah menjadi barometer untuk mengukur merek-merek yang bernilai dan terbaik di industrinya,” ujar Kemal E.Gani, Group Chef Editor SWA Media di Jakarta (30/11/2022).

Seperti yang kita ketahui, kekuatan atau nilai sebuah merek merupakan hal yang sangat menentukan bagi kesuksesan dalam memasarkan produk. Oleh karena itu mengetahui nilai atau ekuitas suatu merek di mata konsumen sangat penting. Itulah sebabnya, Majalah SWA dan  Mars Indonesia Digital bekerja sama melakukan Brand Survey 2022 yang menghasilkan ‘Indonesian Best Brand 2022’ dan kepada pemenangnya diberikan penghargaan.

Brand Survey adalah penelitian rutin setiap tahun yang mengukur nilai suatu merek dengan memaparkan elemen-elemen yang menentukan nilai tersebut.  Hasil dari survei ini dapat mengetahui posisi, perubahan dan persaingan setiap merek dengan merek lainnya pada setiap elemen yang diukur.

Metodologi survei ini kuantitatif dengan melakukan wawancara tatap muka (face to face) dari rumah ke rumah (house to house) dengan menggunakan Aplikasi Survey (STG). Kriteria Responden  adalah rumah tangga, menikah/pernah menikah 25-50 tahun, kelas Sosial Ekonomi (SES) ABCD. Periode survei dilakukan selama Juli – Agustus 2022.

Adapun beberapa brand jawara IBBA 2022 antara lain, Bridgestone, Federal Matic, Winn Gas, Momogi, Sharp, BRI, Prudential, Sanyo, Hatari, Sania, Paramex, Anggur Orang Tua, Hufagripp, Hufagripp BP, AUTO2000, Formula,  Tango, BSI, Dulux, Garda Oto, Tolak Angin Sido Muncul, BPJS Kesehatan, FIFASTRA, Polytron, Kacang Garuda, Pilus Garuda, Gery Chocolatos, Chocolatos, Mountea, Okky Jelly Drink dan sebagainya.

Paulus Tedjosutikno, Direktur PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk mengaku senang mendapatkan penghargaan IBBA 2022. “Kami mengucapkan terima kasih kepada SWA karena telah memberikan kepercayaan kepada Garudafood untuk mendapatkan Indonesia Best Brand Award 2022 di 4 kategori yakni kategori Kacang Bermerek dan Pilus Garuda untuk brand Garuda, kategori Wafer Stick dan Minuman Serbuk Coklat untuk brand Chocolatos,” ujarnya.

Terkait kemenangan ini, Paulus menjelaskan, salah satu dampak dari pandemi adalah adanya perubahan perilaku masyarakat yang beralih ke transaksi digital. Menyadari hal tersebut maka Garudafood mengoptimalkan strategi distribusi melalui lokapasar digital seiring dengan tren penjualan yang mengalami peningkatan. Strategi komunikasi juga disesuaikan dengan lebih kreatif melalui berbagai channel digital.

Selain itu, untuk mendapatkan eksposur, konektivitas dan kesadaran merek, Garudafood menggunakan kampanye pemasaran 360°, seperti iklan TV, penempatan produk serial TV, dan kampanye digital di platform seperti TikTok, Youtube, dan influencer Instagram, serta iklan digital. “Dengan Inisiatif pemasaran ini kami berharap dapat membangun engagement dan purchase intention dari konsumen,” Paulus menguraikan.

Sementara itu, Andreas C. Sugihartono, General Manager Marketing PT Gratia Husada Farma, produsen obat Hufagripp  yang juga jawara IBBA 2022 mengatakan, strategi digital marketing yang ditempuh menggunakan influencer serta optimalisasi media sosial dengan cara optimalisasi konten.

“Pada prinsipnya, kami ingin memudahkan generasi milenial dan generasi mendatang untuk mendapatkan informasi dan barang-barang yang tepat guna. Informasi yang lengkap juga dapat diperoleh dari offline seperti material promosi di apotik serta SPG (BTL). Kami juga menyediakan customer care secara online di website kami. Masing-masing mendapatkan porsi yang sama. Karena sama pentingnya,” ungkap Andreas.

Kunci sukses Hufagripp adalah komitmen perusahaan untuk selalu menjaga kualitas produk serta peduli terhadap apa yang dibutuhkan konsumen dengan menyediakan obat sesuai gejalanya seperti Hufagripp Flu & Batuk warna kuning untuk Flu & Batuk Anak, Hufagripp BP warna Hijau untuk Batuk & Pilek pada anak, Hufagripp Pilek warna Biru untuk Pilek anak dan Hufagripp TMP warna Merah untuk Demam anak. “Sekarang sudah ada untuk yang dewasa seperti Hufagripp BP Dewasa untuk Batuk Pilek. Kami juga rutin mengkomunikasikan fungsi dari produk-produk tersebut,” Andreas menambahkan.

Senada dengan Andreas dan Paulus, Jenifer Fransisca selaku Marketing Director Formula yang menjadi juara IBBA 2022 menyebut, kunci keberhasilan brand Formula adalah selalu menjaga kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama  dalam mengembangkan produk. “Kami benar-benar menjaga standar kualitas yang terus kami kembangkan dan improve selama 37 tahun Formula berdiri. Dan pastinya karena Formula merupakan produk asli dari Indonesia, kami selalu menyelipkan pemikiran-pemikiran tentang budaya konsumen Indonesia ke dalam sentuhan desain dari produk sikat gigi Formula.

Dengan inovasi  digital marketing, perusahaan dapat menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif serta dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat, dan massif.

Swa.co.id