LM Antam, Kembangkan Produk Baru untuk Investasi dan Koleksi

22 Dec 2022, 08:23 WIB
I Dewa Wirantaya, Direktur Operasi dan Produksi Antam
I Dewa Wirantaya, Direktur Operasi dan Produksi Antam

Selain saham dan reksa dana, belakangan investasi pada produk logam mulia juga makin populer di kalangan masyarakat. Salah satu pemain yang merasakan berkah dari tren investasi masyarakat ini adalah PT Aneka Tambang Tbk. (Antam), melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia.

Bahkan, produk logam mulia (LM) emas Antam, sebagai satu-satunya produk BUMN ini yang dijual secara ritel dan langsung ke masyarakat, telah merambah kanal penjualan online sejak tahun 2020. Tujuannya, memudahkan masyarakat berinvestasi.

Menurut I Dewa Wirantaya, Direktur Operasi dan Produksi Antam, perusahaannya menerapkan standardisasi tertinggi untuk memberikan pelayanan terbaik. Baik melalui platform pemasaran online maupun secara offline di seluruh jaringan Butik Emas LM. “Kami berupaya meningkatkan kepuasan dan rasa aman bagi para pelanggan setiap melakukan transaksi secara offline maupun online,” kata Dewa.

Tiga tahun terakhir, UBPP LM Antam melakukan inovasi penjualan dan inovasi produk untuk meningkatkan minat masyarakat dalam berinvestasi emas LM Antam. Dalam hal penjualan, seperti sudah disinggung, produk LM Antam telah dijual secara online, termasuk melalui platform e-commerce, antara lain Tokopedia, Shopee, dan TikTok Shop.

Selain penjualan secara ritel, Antam juga membuka kanal penjualan B2B (business to business), dengan membuat skema khusus untuk menarik para wholesale buyer potensial di luar Jabodetabek. Hal itu dimaksudkan untuk memperluas pasar produk LM Antam, sehingga lebih mudah dijangkau oleh masyarakat di daerah.

Dalam hal produk, Antam telah mengembangkan beberapa produk baru. Di antaranya, produk Bezel yang dapat menjadi bingkai produk emas batangan Batik LM, emas batangan Gift Series, dan produk emas yang berkaitan dengan hari-hari besar (seperti emas batangan seri Idul Fitri dan Imlek).

“Kami berupaya meningkatkan kepuasan dan rasa aman bagi para pelanggan setiap melakukan transaksi secara offline maupun online.”

I Dewa Wirantaya, Direktur Operasi dan Produksi PT Aneka Tambang Tbk.

“Ke depan, Antam juga akan terus berinovasi untuk dapat mengeluarkan produk baru dalam rangka memberikan pilihan kepada masyarakat, bukan hanya sebagai instrumen investasi tetapi juga sebagai koleksi pribadi,” ungkap Dewa.

Ia menyampaikan informasi penting lainnya, bahwa UBPP LM Antam merupakan satu-satunya refinery di Indonesia yang telah masuk dalam Good Delivery List London Bullion Market Association. Produk emas batangannya mempunyai jaminan keaslian dan kemurnian 99,99%.

Dalam hal komunikasi, Antam memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi dua arah antara perusahaan dan pelanggan, mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, TikTok, hingga tentu saja website resmi perusahaan. Ini bertujuan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap produk LM Antam.

Dewa mengungkapkan, penjualan emas Antam di tahun 2021 tumbuh 33% dibandingkan tahun 2020. Peningkatan penjualan ini diharapkan akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. (*)

Jeihan K. Barlian & Arie Liliyah

www.swa.co.id