Indico Ungkap Fokusnya di Tahun 2023

21 Dec 2022, 20:26 WIB

Indico, anak usaha Telkomsel yang bergerak di pengembangan ekosistem digital, telah memiliki sejumlah fokus untuk tahun 2023 mendatang. Salah satunya adalah mengembangkan tiga portofolionya yaitu startup Kuncie, Fita, dan Majamojo.

Hal ini diungkapkan oleh Andi Kristianto, CEO Indico, di acara perayaan ulang tahun pertama Indico di Jakarta (20/12/2022). Menurut pihaknya, masing-masing aplikasi itu masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan. “Saat ini dan tahun depan kami masih fokus mengembangkan tiga portoflio ini, juga horizontal platform,” ujar Andi.

Selama satu tahun berdiri ini, Indico total memiliki tiga startup yang di bawah naungannya. Kuncie bergerak di sektor pendidikan (edu-teh), Fita sebagai platform kesehatan (health-tech), dan Majamojo sebagai perusahaan pengembang game.

Untuk Kuncie, Andi mencontohkan, ada peluang berkolaborasi dengan lebih banyak institusi pendidikan untuk program sertifikasi yang kian banyak peminatnya. Untuk Fita yang saat ini baru menjangkau kota-kota besar bisa dikembangkan lagi ke kota lapis ketiga. Sedangkan Majamojo terus dikembangkan untuk mendorong game Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Adapun Fita baru saja mendapatkan pendanaan sebesar US$1,9 juta atau setara dengan Rp30 miliar dari Indico. Rencananya, fresh investment ini akan dialokasikan untuk pengembangan prioritas produk yang berfokus pada user oriented dan fitur penunjang yang digunakan oleh profesional coach dalam mencapai tujuan kesehatan pengguna. 

Rencana lainnya, Andi menambahkan, tidak tertutup kemungkinan Indico juga akan mengembangkan platform baru bahkan akuisisi platform baru. “Horizontal platform, bagaimana supaya aset-aset Telkomsel bisa dipakai oleh ekosistem digital di luar sana,” tuturnya.

Sementara itu terkait kondisi ekosistem-ekosistem startup di tahun depan, menurut Andi, fokus perhatian tidak lagi hanya tentang value, tetapi akan lebih melihat fundamental perusahaan. “Fundamen akan lebih dilihat, artinya melihat apakah user yang ditarget mereka apakah tepat. Ini yang mau kami eksplor,” ucapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id