Skip to main content

Channels

Aiven Bantu Perusahaan Kelola Data lebih Efisien untuk Tingkatkan Kinerja

  • 22 Des 2022, 20:01 WIB
  • 0

Jasa open source data management telah menjadi primadona dalam beberapa tahun terakhir. Sebab, kemudahan akses source code yang ditawarkan bisa memodifikasi program open source berdasarkan kebutuhan perusahaan. Selain itu, basis data open source bersifat gratis dan bisa dibagikan kepada pengguna lain sehingga meminimalkan biaya operasional.

Melihat makin menjamurnya fenomena tersebut, Aiven menyediakan layanan jasa cloud based data architecture berbasis open source data management untuk mendukung performa perusahaan dan memastikan pengelolaan data berjalan dengan lancar. “Media sosial mempercepat akselerasi perusahaan dalam mengadopsi pemerosesan data dalam jumlah besar. Data yang banyak itu harus dikumpulkan dan dianalisis untuk kemudian ditemukan pola yang bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan,” tutur Budi Kusuma Utama, Senior Solutions Architect Presales Aiven.

Oleh karena itu, menurutnya, penggunaan peranti lunak berbasis data source bisa menjadi alternatif selain menggunakan solusi basis data konvensional yang memakan biaya besar. Dengan ditekannya biaya operasional untuk pengelolaan data, maka perusahaan bisa fokus untuk mengikuti tren digital yang terjadi saat ini. Di satu sisi, pengelolaan data yang baik juga bisa memberikan keuntungan yang besar, karena perusahaan bisa mengubah data tersebut menjadi aset bisnis untuk memajukan kinerjanya.

“Banyaknya data yang ada di perusahaan harus dikelola dengan baik agar bisa menghasilkan keputusan bisnis secara cepat dan tepat,” kata dia. Hal ini akan menambah daya saing di pasar yang kondisinya saat ini semakin hari semakin tinggi. Aiven sebagai alternatif solusi menyediakan berbagai open source data management seperti Apache Kafka, Apache Flink, PostgreSQL, MySQL, Redis, Apache Cassandra, Open Search, InfluxDB, ClickHouse, M3, dan Grafana di berbagai negara.

Untuk mendukung performa perusahaan dan memastikan pengelolaan data berjalan lancar, perusahaan pun menyediakan costumer support 24/7 dan 365 hari kerja untuk konsumen. Pengalaman Aiven dalam menangani open source data management skala internasional menjadi nilai tambah untuk membantu meningkatkan kinerja perusahaan di Indonesia, utamanya di era revolusi industri 4.0 yang menggabungkan industri dengan teknologi.

Lantas, apa yang membuat Aiven begitu spesial?

Pertama manajemen barang, setiap barang yang ada dalam kegiatan bisnis dapat diatur dan dilacak untuk menjaga keamanan suplai produk. Kedua, akun pelanggan dapat dipersonalisasi sesuai dengan kepribadian pelanggan bisnis. Ketiga, membuat rekomendasi belanja dengan memanfaatkan apa yang diketahui oleh pelanggan dan membuat pengalaman belanja lebih baik serta sesuai dengan kebutuhan mereka.

Keempat, merencanakan kapasitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kelima, mengantisipasi permintaan yang melonjak di masa mendatang. Keenam, mengoptimalisasi tenaga kerja agar produksinya semakin baik dan menguntungkan. Ketujuh, menganalisa real time data agar pemilik bisnis selangkah lebih maju dibandingkan dengan kompetitor. Kedelapan, memberikan keamanan bertransaksi antara pemilik bisnis dengan pelanggan. Kesembilan, memudahkan pemilik bisnis mengatur stok barang, pengiriman, dan pengembalian barang.

Salah satu perusahaan yang sudah bekerja sama dengan Avien adalah SWIFT Solutions. Perkembangan yang pesat membuat SWIFT membutuhkan pengiriman barang secara cepat dan tepat. Apalagi ditambah pandemi covid-19 yang mengakibatkan peningkatan aktivitas belanja melalui internet. Perusahaan logistik yang telah diakuisisi Tokopedia ini menggunakan MySQL dan Redis untuk penyimpanan data, Kubernetes untuk deploy aplikasi, serta Terraform yang diintegrasikan ke dalam Aiven Kubernetes Operator dan Aiven Terraform Provider.

“Dengan adanya panduan dari Aiven, kami bisa lebih bebas bergerak serta bisa menghemat dana operasional dibandingkan dengan membuat tim internal untuk pengelolaan database,” kata Alfi Zainuddin, CTO Swift Solutions.

Tidak ingin membuang waktu, Aiven pun kini telah melakukan pengembangan untuk merespon tantangan di masa depan dengan meluncurkan Aiven for Clickhouse Beta pada pertengahan September 2022 diikuti peluncuran Aiven for Clickhouse versi General Availability pada 13 Desember 2022. Clickhouse sendiri merupakan database kolumnar dengan resource yang efisien dan cepat, serta memiliki kemampuan membuat laporan analisa data secara real time dengan menggunakan advanced SQL queries.

“Nantinya, pengguna akan diberikan akses untuk menggunakan database kolumnar open source-based serta akses untuk menganalisa sehingga bisa membantu perusahaan membuat keputusan penting dalam bisnis,” ungkap Budi. Aiven for ClickHouse juga akan memudahkan penyimpanan data production-grade yang memudahkan migrasi database tanpa downtime. Solusi yang ditawarkan Aiven ini menandai masuknya perusahaan ke industri cloud data warehousing market di Indonesia.

Terbaru