Mitsubishi Motors Hadirkan Kids Life’s Adventure Park Guna Tekankan Pentingnya Literasi Digital bagi Anak-anak

20 Des 2022, 16:06 WIB

Tepat pukul 10.00 WIB, ratusan anak berbaju putih dan topi hitam berbaris rapi memasuki sebuah ruangan di kawasan CIBIS Park, Jakarta, Sabtu (17/12/2022). Sembari menenteng meja lipat, mereka terlihat bersemangat ketika menduduki bean bag warna-warni yang disediakan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Mengusung tema edukasi literasi digital, Kids Life’s Adventure Park tahun ini dibungkus dengan beragam kegiatan menyenangkan dan menarik bagi anak-anak
Mengusung tema edukasi literasi digital, Kids Life’s Adventure Park tahun ini dibungkus dengan beragam kegiatan menyenangkan dan menarik bagi anak-anak

Ya, anak-anak tersebut akan mengikuti kegiatan Kids Life’s Adventure Park (KLAP), program fun-edutainment  bagi anak-anak di Indonesia persembahan MMKSI. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memperingati 50+ tahun hadirnya Mitsubishi Motors di Indonesia.

Pada KLAP tahun ini, fokus tema yang diusung adalah edukasi literasi digital yang dibungkus dengan beragam kegiatan menyenangkan dan juga menarik bagi anak-anak. Seperti yang diketahui, perkembangan dunia digital cukup pesat dan memiliki dampak positif dan negatif yang dapat mempengaruhi para penggunanya terutama anak-anak.

Melalui event ini harapannya para peserta dapat lebih bertanggung jawab dalam menggunakan serta memanfaatkan dunia digital secara bijak dan maksimal, sehingga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi keberlangsungan dan peningkatan kualitas hidup mereka di masa depan.

“Kegiatan ini merupakan komitmen kami dalam berkontribusi untuk petualangan hidup seluruh masyarakat Indonesia, termasuk anak-anak sebagai masa depan bangsa. Ini juga sebagai tanda apresiasi kami untuk Indonesia yang telah tumbuh bersama dengan Mitsubishi Motors sejak 1970,” kata President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura dalam sambutannya.

LAP tahun ini diikuti oleh 250 peserta dari berbagai sekolah dan yayasan di Jabodetabek

Dijelaskan Aditya Wardani, Head of PR & CSR Dept PT MMKSI, saat ini MMKSI memiliki 3 pilar utama program CSR yang fokus di bidang Kemanusiaan (Mitsubishi Motors Humanity Program), Pendidikan (Mitsubishi Motors Education Program), dan juga Anak-anak (Mitsubishi Motors Children Program).

Melalui program ini, MMKSI ingin membangun lingkungan yang lebih baik lagi untuk anak Indonesia dengan tetap mengadopsi landasan utama dari ketiga pilar yang telah ada dan menyesuaikannya dengan kebutuhan terkini. “Kami kombinasikan antara pendidikan dan anak-anak. Jadi konsep dasarnya kami ingin mengajak mereka untuk having fun, namun tetap ada edukasi di dalamnya,” ujar Adit.

Rencananya, kata Adit, tema KLAP di setiap tahunnya akan berbeda, dengan menyoroti masalah sosial yang terjadi di masyarakat, khususnya di bidang anak-anak dan pendidikan.

Sementara itu, untuk memastikan edukasi yang diberikan sesuai dengan segmentasi umur dari peserta yang diundang, MMKSI menghadirkan tiga zona kegiatan yang diadopsi dari zona yang ada pada branding Life’s Adventure.

Pertama, Daily Life’s Adventure Zone. Zona ini didedikasikan untuk anak dengan umur 6-16 tahun di mana kegiatan yang ada di zona ini berupa hiburan dari Naura, lomba mewarnai, dan bercerita bersama Wadit & Fun Cican. Ada pula permainan seperti tetris serta Mitsubishi Triton Educar yang dapat dimainkan oleh para peserta.

Kedua, Tomorrow Life’s Adventure Zone. Zona yang hadir untuk anak dengan umur 12-16 tahun ini diramaikan dengan kegiatan lokakarya dan pelatihan digital bersama influencer Edho Zell yang berbagi ilmu serta pengalaman mereka. Peserta juga dilatih cara untuk mengoptimalkan gadget, cara membuat dan mengedit sebuah karya digital, dan juga cara memposting sebuah konten di media sosial dengan bijak.

Terakhir Wonderful Life’s Adventure Zone. Dalam zona ini, MMKSI menghadirkan berbagai kegiatan yang menarik seperti dinding interaktif dimana peserta dapat mengeksplor mengenai kegiatan sosial MMKSI, simulator AP4, trampolin bungee, serta mini Mitsubishi Xpander, dan tidak ketinggalan aktivitas meet & greet dengan brand ambassador Mitsubishi Motors Indonesia yaitu Rifat Sungkar yang juga merupakan pereli professional.

Rifat membagikan petualangan dan perjalanannya dalam mewujudkan mimpi dan cita-citanya untuk menjadi seorang pereli yang sukses dan dikenal. Ia berharap perjalanannya sebagai pereli dapat memotivasi peserta untuk tidak mudah menyerah dalam mengejar cita-cita mereka untuk kehidupan yang jauh lebih baik lagi.

“Meski kita punya cita-cita yang berbeda, tapi ada tiga hal yang harus kita pegang yaitu kemauan, komitmen, dan konsistensi. Dengan tiga hal ini kita akan fokus sehingga cita-cita kita tercapai meski tidak dalam waktu dekat,” pesan Rifat.

Di sisi lain, acara ini menjadi ajang MMKSI untuk memperkenalkan unit konsep Mitsubishi Triton Educar yang rencananya akan beroperasi mulai tahun depan. Fasilitas yang dihadirkan dalam Mitsubishi Triton Educar berupa berbagai literasi konvensional seperti buku cetak, peralatan digital untuk mendukung proses eksplorasi dan mengakses sarana edukasi daring seperti situs pembelajaran maupun sosial media, kegiatan sharing session, workshop, serta  fasilitas edukasi lainnya.

Meet & Greet dengan Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar yang juga merupakan pereli profesional

Intan Vidiasari, General Manager of MarComm & PR Division PT MMKSI menyebut, kedepannya kendaraan spesial ini akan mengeksplor dan mengunjungi beberapa area di Jabodetabek serta beberapa daerah di Pulau Jawa, di mana MMKSI akan berkolaborasi dengan dealer resmi Mitsubishi Motors setempat untuk mengedukasi anak-anak maupun masyarakat di sekitar dealer.

Tidak hanya itu, MMKSI juga akan memanfaatkan keunggulan dan ketangguhan model Mitsubishi Triton untuk mendukung kegiatan sosial seperti kegiatan kemanusiaan di area bencana untuk membantu proses pemulihan trauma untuk anak-anak di sana.

MMKSI juga memberikan donasi senilai Rp50 juta kepada Yayasan Sahabat Ayah Sarah yang dapat digunakan untuk memfasilitasi proses belajar anak-anak di yayasan. Dealer serta karyawan MMKSI juga turut berkontribusi dengan memberikan donasi serta menjadi volunteer / one-day parent di mana keterlibatan tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman emosional bagi para peserta.