Kuartal III 2022, Modernland Realty Bukukan Laba Bersih Rp234,51 Miliar

02 Dec 2022, 23:06 WIB
Direktur Utama PT Modernland Realty Tbk., William Honoris (keenam kiri), Direktur PT Modernland Realty Tbk., Herman (kedelapan kiri), Direktur PT Modernland Realty Tbk., David Iman Santosa (paling kanan) disela-sela acara Public Expose, di Modern Golf & Country Club, Kota Modern, Tangerang, (2/12). (Foto : dok.Modernland)

PT Modernland Realty Tbk. dalam sembilan bulan pertama tahun ini, berhasil membukukan Pendapatan sebesar Rp 614,55 miliar, atau mengalami peningkatan 6,29% (Rp 36,36 miliar) dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp 578,19 miliar.

Menurut Herman, Direktur Modernland Realty, perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp234,51 miliar, mengalami kenaikan sebesar Rp 694,70 miliar atau 150,96% bila dibandingkan dengan rugi bersih pada periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp 460,19 miliar. “Kenaikan ini terutama disebabkan adanya keuntungan atas penyelesaian sebagian utang obligasi luar negeri serta perubahan atas tingkat suku bunga obligasi luar negeri pasca restrukturisasi,” kata Herman.

Sedangkan kinerja Pemasaran dan Prospek Usaha Perseroan, seperti dituturkan David Iman Santosa, Direktur PT Modernland Realty Tbk., Perseroan membukukan Marketing Sales sebesar Rp600 miliar hingga kuartal III-2022, pencapaian ini merupakan 60% dari target penjualan non bulk-sales.
 
David menambahkan, segmen residensial membukukan Rp 342 miliar, atau meningkat 17% quarter to quarter. Kontribusi penjualan didominasi oleh Jakarta Garden City yang meluncurkan extension cluster Mahakam fase 2 di bulan Juni 2022, serta peluncuran klaster baru The Essence @Yarra pada bulan September 2022. Di samping itu, pencapaian topping-off atas pembangunan Cleon Park Apartment North Tower pada bulan Agustus 2022 menunjukkan komitmen Perseroan dalam membangun hunian high-rise pertama di Jakarta Garden City.

Sedangkan segmen industri hingga kuartal III-2022, membukukan Rp151 miliar, meningkat signifikan sebesar 95% year on year. Terlepas dari ketidakpastian makro ekonomi dan situasi geopolitik, Perseroan berharap segmen industri dapat mempertahankan kinerjanya hingga akhir tahun 2022.
 
Sementara itu, pada segmen perhotelan, Modern Golf & Country Club serta segmentasi lainnya memberikan kontribusi marketing sales sebesar Rp107 miliar hingga kuartal III-2022, meningkat 23% quarter to quarter. “Perseroan optimis bahwa anak usaha Modern Golf & Country Club dapat tetap mempertahankan kinerja dan pelayanannya, begitu pula dengan kinerja dari hotel-hotel yang dikelola oleh Perseroan,” kata David.

Mengenai prospek usaha kedepan, diakui David, tahun 2023 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi pasar properti dengan fakta bahwa Bank Indonesia menaikkan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebanyak 4 kali dalam empat bulan berturut-turut serta kebijakan insentif PPN untuk properti yang telah berakhir pada September 2022 lalu.

Di sisi lain, inflasi yang terjadi juga mempengaruhi daya beli masyarakat dan dapat mempengaruhi iklim investasi pada sektor properti. Namun demikian, Perseroan akan terus mengembangkan strategi dan memperkuat eksekusi untuk menjawab tantangan-tantangan yang ada.
 
Salah satu strategi yang dilakukan oleh perseroan adalah dengan menghadirkan produk properti yang terjangkau di segmen pasar middle-up melalui pengembangan new design dan konsep yang lebih mendekatkan produk perseroan dengan selera pasar yang berkembang saat ini dengan tetap mempertimbangkan kekuatan daya beli pasar.
 
Saat ini Perseroan tengah fokus memasarkan cluster baru The Essence @Yarra yang berlokasi di Jakarta Garden City, new cluster Water Front dan Ruko Modern Hub yang berlokasi di Kota Modern Tangerang, serta Modernland Cilejit yang mengusung konsep Transit Oriented Development.

rtal III 2022, Modernland Realty Bukukan Laba Bersih Rp234,51 Miliar

Kinerja Keuangan PT Modernland Realty Tbk. (Perseroan) dalam sembilan bulan pertama tahun ini, berhasil membukukan Pendapatan sebesar Rp614,55 miliar, atau mengalami peningkatan 6,29% atau sebesar Rp36,36 miliar bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp578,19 miliar.

Menurut Herman, Direktur PT Modernland Realty Tbk. dalam Public Expose yang digelar PT Modernland Realty Tbk, Perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp234,51 miliar, mengalami kenaikan sebesar Rp694,70 miliar atau 150,96% bila dibandingkan dengan rugi bersih pada periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp460,19 miliar. “Kenaikan ini terutama disebabkan adanya keuntungan atas penyelesaian sebagian utang obligasi luar negeri serta perubahan atas tingkat suku bunga obligasi luar negeri pasca restrukturisasi,” kata Herman.

Sedangkan kinerja Pemasaran dan Prospek Usaha Perseroan, seperti dituturkan David Iman Santosa, Direktur PT Modernland Realty Tbk., Perseroan membukukan Marketing Sales sebesar Rp600 miliar hingga kuartal III-2022, pencapaian ini merupakan 60% dari target penjualan non bulk-sales.
 
David menabahkan segmen residensial membukukan Rp342 miliar, atau meningkat 17% quarter to quarter. Kontribusi penjualan didominasi oleh Jakarta Garden City yang meluncurkan extension cluster Mahakam fase 2 di bulan Juni 2022 serta peluncuran new cluster The Essence @Yarra pada bulan September 2022. Disamping itu pencapaian topping-off atas pembangunan Cleon Park Apartment North Tower pada bulan Agustus 2022 menunjukkan komitmen Perseroan dalam membangun hunian high-rise pertama di Jakarta Garden City.

Sedangkan segmen industri hingga kuartal III-2022, membukukan Rp151 miliar, meningkat signifikan sebesar 95% year on year. Terlepas dari ketidakpastian makro ekonomi dan situasi geopolitik, Perseroan berharap segmen industri dapat mempertahankan kinerjanya hingga akhir tahun 2022.
 
Sementara itu, pada segmen perhotelan, Modern Golf & Country Club serta segmentasi lainnya memberikan kontribusi marketing sales sebesar Rp107 miliar hingga kuartal III-2022, meningkat 23% quarter to quarter. “Perseroan optimis bahwa anak usaha Modern Golf & Country Club dapat tetap mempertahankan kinerja dan pelayanannya, begitu pula dengan kinerja dari hotel-hotel yang dikelola oleh Perseroan,” kata David.

Mengenai prospek usaha kedepan, diakui David, tahun 2023 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi pasar properti dengan fakta bahwa Bank Indonesia menaikkan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebanyak 4 kali dalam empat bulan berturut-turut serta kebijakan insentif PPN untuk properti yang telah berakhir pada September 2022 lalu.

Di sisi lain, inflasi yang terjadi juga mempengaruhi daya beli masyarakat dan dapat mempengaruhi iklim investasi pada sektor properti. Namun demikian, Perseroan akan terus mengembangkan strategi dan memperkuat eksekusi untuk menjawab tantangan-tantangan yang ada.
 
Salah satu strategi yang dilakukan oleh Perseroan adalah dengan menghadirkan produk properti yang terjangkau di segmen pasar middle-up melalui pengembangan new design dan konsep yang lebih mendekatkan produk-produk Perseroan dengan selera pasar yang berkembang saat ini dengan tetap mempertimbangkan kekuatan daya beli pasar.
 
Saat ini Perseroan tengah fokus memasarkan cluster baru The Essence @Yarra yang berlokasi di Jakarta Garden City, new cluster Water Front dan Ruko Modern Hub yang berlokasi di Kota Modern Tangerang, serta Modernland Cilejit yang mengusung konsep Transit Oriented Development.