Marketing Trends zkumparan

Jelang Nataru, Transaksi Hampers Naik 14 Kali Lipat

Jelang Nataru, Transaksi Hampers Naik 14 Kali Lipat

Kebiasaan mengirim bingkisan atau hampers menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) masih banyak dilakukan oleh masyarakat. Tren ini tentu mendorong pegiat usaha khususnya UMKM untuk terus beroperasi.

Tokopedia mencatat, terjadi peningkatan minat masyarakat memilih hampers sebagai hadiah atau hantaran untuk keluarga dan kerabat. Jumlah transaksi parsel kue kering dan hampers sebesar masing-masing 8 kali lipat dan lebih dari 14 kali lipat selama periode jelang Nataru.

“Menyambut Nataru, masyarakat cenderung gemar mengirimkan hantaran untuk keluarga atau kerabat. Produk kartu ucapan mengalami peningkatan jumlah transaksi lebih dari 2 kali lipat,” ujar Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Nataru yang bertepatan dengan libur sekolah juga menjadi momen yang pas untuk melakukan berbagai kegiatan bersama keluarga. Terbukti dari peningkatan jumlah transaksi tiket atraksi domestik, seperti taman hiburan, sebesar lebih dari 2 kali lipat selama periode jelang Nataru.

“Jumlah transaksi topi pesta meningkat 4 kali lipat, sedangkan pohon Natal dan hiasan pohon Natal sama-sama mengalami peningkatan transaksi sebesar 5 kali lipat,” jelas Ekhel.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen selama Nataru, Tokopedia menghadirkan berbagai inisiatif, seperti Funstation yang menyediakan pilihan kado akhir tahun dengan sederet promo, mulai dari flash sale dan diskon 100%. Masyarakat juga bisa mencari perlengkapan jelang Nataru, seperti pohon Natal, hiasan Natal, hingga topi pesta melalui Home Living Inspirations.

Ada pula kampanye Tokopedia Nyam di mana masyarakat bisa mendapatkan beragam pilihan hampers serta menu makanan dan minuman dari para pegiat usaha lokal. Tak hanya itu, melalui Tokopedia NOW! masyarakat bisa mendapat berbagai produk kebutuhan harian–termasuk sembako, daging, sayur, buah dan lainnya–dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.

“Tokopedia berupaya mempermudah masyarakat menemukan berbagai produk kebutuhan, termasuk di momen Natal dan Tahun Baru, agar masyarakat bisa merayakan momen tersebut bersama keluarga atau kerabat dengan lebih aman, nyaman dan efisien,” tutur Ekhel.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved