Skip to main content

Channels

Jurus Ria Busana Agar Tetap Eksis di Bisnis Fashion

  • 18 Des 2022, 19:40 WIB
  • 0
Kompetisi Fashion Show Ria Busana

Agar tetap survive dalam menjalankan roda usahanya, pelaku usaha dituntut untuk memperbarui strategi bisnis. Salah satunya, Ria Busana sebagai pemain retail fashion yang berhasil tumbuh di tengah ekonomi yang sulit. Buktinya, pihaknya tetap membuka gerai-gerai barunya di berbagai kota di Indonesia.

Lalu, apa strategi yang dilakukan agar tetap menjadi pilihan konsumen? Tuty Damayanti, Head of Marketing Ria Busana mengungkapkan bahwa pertama kunci suksesnya selama ini konsistensi. “Kami konsisten untuk menghadirkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, walaupun murah tetapi looks tidak murahan, karena kami selalu mengikuti tren fashion terkini,” jelasnya.

Kedua, pihaknya melakukan transformasi dengan menghadirkan konsep baru di beberapa gerainya terbarunya menjadi lebih modern. Tujuannnya agar pengunjung tetap merasakan kenyaman dalam berbelanja. Belum lama ini, Ria Busana membuka gerai terbarunya di Slawi, Jawa Tengah dengan interior modern kontemporer, jenis fixture dan wall display yang stylish dan fungsional. sehingga memberikan kesan toko warm dan homey.

Ketiga, dari sisi produk, Ria busana bekerja sama dengan UMKM untuk menghadirkan produk yang berkualitas. “Kami bekerja sama dengan home industry sebagai pemasok, sehingga barang yang kami tawarkan bisa lebih terjangkau namun tetap mengikuti trend yang ada,” jelasnya.

Keempat, mengenai pemasaran, pihaknya menyasar kelas menengah bawah dengan masuk ke wilayah tier 3. Saat ini Ria Busana sudah memiliki 97 gerai yang tersebar di berbagai daerah. Selain itu, Tuty mengaku salah satu yang menjadi fokus adalah generasi Alfa. Oleh karena itu, toko ini menyajikan program-program menarik untuk memfasilitasi generasi muda saat ini. Salah satunya melalui kompetisi fashion show yang diselenggarakan di 19 gerainya mulai tanggal 3 Desember-25 Desember 2022.

Tujuannya untuk mengembangkan bakat anak-anak, harapannya melalui ajang ini bisa memunculkan model-model pemula dari generasi Alfa yang mampu berkembang menjadi model profesional. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membuktikan bahwa ‘Tampil Fashion Gak Perlu Mahal’. Pasalnya peserta cukup merogoh kocek sekitar Rp 50 -150 ribu untuk bisa terlihat fashionable.

Di tahun 2023, perusahaan yang menyediakan produk mulai untuk anak-anak hingga dewasa ini juga akan menyelanggarakan beberapa kompetisi seperti lomba mewarnai, fashion show, koor, photo contest hingga baby contest. Melalui kegiatan ini, pihaknya ingin mengajak konsumen untuk datang ke Ria Busana dan harapannya bisa menggaet konsumen baru untuk berbelanja di gerai.

Ria Busana juga memanfaatkan media sosial agar tetap relevan dengan konsumennya saat ini. “Di media sosial kami banyak sekali program untuk berintekasi dengan konsumen, salah satunya ada TTBR (Teka Teki Berhadiah Ria Busana) yang diadakan rutin satu minggu sekali, kemudian ada pemilihan Follower of The Month, untuk mereka yang aktif berinteraksi dengan kami melalui like, komen,” jelasnya kepada SWA Online.

Ke depan, dia berharap dengan berbagai strategi yang dilakukan, perusahaan ritel yang berdiri pada 1996 ini terus berkembang. Tahun 2023, Ria Busana menargetkan akan membuka empat gerai baru.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Terbaru