Mister Loo dan Toto Indonesia Sediakan Toilet Umum dengan Standar Internasional

14 Dec 2022, 16:19 WIB
Mister Loo berambisi untuk terus berkembang  pesat dengan membangun ratusan fasilitas di Indonesia dalam jangka 5 tahun ke depan (Foto: dok Mister Loo)

Mister Loo, penyedia konsep toilet umum yang terintegrasi dan berbasis teknologi di Asia, telah bekerja sama dengan Toto Indonesia (PT Surya Toto Indonesia Tbk). Kolaborasi ini ditandai dengan pembukaan fasilitas toilet premium co-branded perdana di Green Terrace TMII, tempat kuliner dengan jumlah pengunjung yang tinggi di Jakarta Timur.

Berasal dari Swiss dan kini hadir di berbagai negara di Asia, Mister Loo menawarkan solusi end-to-end dengan merancang, membangun, berinvestasi, dan mengoperasikan fasilitas toilet umum premium dengan konsep toilet berbayar. Mister Loo berambisi untuk terus berkembang  pesat dengan membangun ratusan fasilitas di Indonesia dalam jangka 5 tahun ke depan.

Kerja sama dengan  Toto Indonesia menegaskan komitmen Mister Loo untuk meningkatkan standar toilet umum ke tingkat yang baru serta memberikan pengalaman penggunaan toilet umum yang menyenangkan di fasilitas yang bersih dan aman. Perusahaan dengan pertumbuhan pesat ini menargetkan negara-negara Asia berkembang, sebagai solusi yang menjawab banyaknya permintaan besar dari populasi kelas menengah yang tidak terpenuhi, yaitu penyediaan toilet bersih di tempat umum, seperti di pusat perbelanjaan, tempat nongkrong, pasar, kawasan simpang transportasi dan tempat wisata. Aplikasi software dan hardware yang dibangun oleh Mister Loo, dapat memonitor kegiatan operasional dan memberikan jaminan layanan terbaik di seluruh fasilitas yang ada.

Peresmian lokasi baru toilet premium Mister Loo di Green Terrace TMII yang juga merupakan co-branding dengan Toto Indonesia dilakukan oleh  Andreas Wanner, Co-founder Mister Loo, Marketing Manager PT Surya Toto Indonesia Tbk  Laurensia Yap dan pihak-pihak terkait.

“Kami antusias untuk makin memperkuat jejak di Indonesia, dan untuk memberikan pengalaman  penggunaan toilet premium Mister Loo di Green Terrace yang bekerja sama dengan Toto” kata Andreas .

Mister Loo juga telah bersinergi dengan berbagai perusahaan pengembang, pemilik pasar dan mal, serta pemangku kepentingan swasta dan publik lainnya di Indonesia, untuk membangun dan mengelola fasilitas toilet umum di lokasi-lokasi milik mereka. Mister Loo menargetkan untuk membangun 50 fasilitas toilet yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia sampai dengan akhir tahun 2023.

Selaras dengan misi dari Mister Loo, Toto Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan standar toilet umum di Indonesia dengan produk sanitasi berkualitas tinggi. “Kolaborasi ini memungkinkan masyarakat untuk menggunakan produk saniter premium Toto dengan kebersihan dan higienitas ,” kata Rudianto, Marketing Manager PT Surya Toto Indonesia Tbk.

Mister Loo saat ini telah beroperasi di Indonesia, Thailand dan Vietnam, serta dalam proses memasuki pasar Filipina dan India. Pada tahun 2022, perusahaan startup smart toilet ini terpilih sebagai ‘The Best Public Restroom Standard for Tourism’ oleh Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand, serta mendapatkan beberapa penghargaan penting lainnya, yang menjadi tonggak pencapaian penting bagi Mister Loo di berbagai wilayah di Asia.

“Swiss merupakan pelopor inovasi global selama bertahun-tahun dan Mister Loo adalah contoh hebat kewirausahaan dari Swiss yang memenuhi salah satu kebutuhan sehari-sehari penduduk setempat yang paling mendesak dan mengubahnya menjadi konsep bisnis inovatif di bidang sanitasi,” kata Philippe Strub, Deputy Head of Mission Kedutaan Besar Swiss di Indonesia.

Swa.co.id