Skip to main content

Channels

Pameran ke-3 untuk Mendukung Brand Lokal Digelar

  • 09 Des 2022, 15:25 WIB
  • 0
Dukung produk dalam negeri agar bisa berkembang, Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) gelar 3rd Indonesia Local Brands Expo 2022. (Foto Ubaidillah/SWA)

Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) kembali menggelar 3rd Indonesia Local Brands Expo 2022 pada 9 hingga 11 Desember 2022 di Merchand Hype Station, Tangerang Selatan. Pameran ini untuk mendukung kampanye Bangga Buatan Indonesia yang telah diusung pemerintah. 

Ketua Umum ASENSI Susanty Widjaya menuturkan bahwa pihaknya terus memperhatikan sebuah merek agar menjadi berharga dan bisa membawa manfaat bagi perekonomian pemiliknya. Sehingga ASENSI terus mengedukasi tentang pentingnya merek dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). 

“Kita terus memberikan pemahaman kepada pelaku usaha tentang bagaimana memajukan lisensi merek Indonesia supaya masyarakat Indonesia dapat mencintai merek lokal. Di tahun 2020 hanya ada lebih dari 72.000 merek yang terdaftar dan di tahun 2022 sudah lebih dari 1,5 juta merek yang terdaftar” katanya, Jumat (9/12/2022).  

Pameran 3rd Indonesia Local Brands Expo menghadirkan peluang usaha bagi merek dan produk Indonesia termasuk kemitraan, lisensi, dan waralaba lokal. Pameran juga sebagai bentuk dukungan dalam pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi. Susanty mendorong merek Indonesia melakukan lisensi sehingga dapat mendominasi pasar dalam negeri dan tembus pasar global. 

Direktur Bina Usaha Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Septo Soepriyatno mengapresiasi 3rd Indonesia Local Brands Expo 2022. Melalui pameran tersebut, Kementerian Perdagangan berharap pelaku usaha menjalankan bisnisnya melalui model bisnis waralaba. Sehingga bisnisnya dapat berkembang lebih besar dan memberikan manfaat ekonomi yang bertambah.

“Brand-brand lokal perlu terus didorong agar bisa menguasai pasar dalam negeri. Tentunya perlu kolaborasi banyak pihak, baik dari pemerintah, pelaku usaha, asosiasi, media dan akademisi. Presiden sangat konsen terhadap brand-brand lokal untuk terus maju, salah satunya dengan go online,” katanya. 

Selain itu Kementerian Perdagangan juga berharap pameran tersebut dapat memberikan pemahaman kepada pelaku usaha agar menjalankan kegiatan usahanya sesuai dengan koridor ketentuan yang berlaku. “Pameran ini juga sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program-program Pemerintah (dalam memajukan brand lokal),” ucapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Terbaru