Sprinkle Serbuk Multivitamin untuk Bantu Penuhi Kebutuhan Gizi Anak

13 Des 2022, 12:24 WIB

Perusahaan farmasi nasional PT Novell Pharmaceutical Laboratories menghadirkan sprinkle serbuk multivitamin yang membantu mendukung tumbuh kembang, memelihara kesehatan, dan menjaga imunitas anak berusia 1 hingga 12 tahun. Berfungsi sebagai multivitamin berbentuk bubuk yang ditabur ke makanan sehari-hari anak, produk ini diklaim mengandung delapan vitamin, enam mineral, serta lima jenis asam amino.

Latarbelakang produk ini diproduksi di antaranya Novell Pharmaceutical Laboratories menemukan bahwa banyak anak berusia 1 hingga 12 tahun di Indonesia kesulitan mengonsumsi suplemen dalam bentuk kapsul, pil, dan cair. Selain itu, muncul kekhawatiran publik terhadap obat dan produk kesehatan sediaan sirup lainnya yang memiliki kandungan berbahaya yang dapat merusak ginjal. Tidak hanya itu, pandemi COVID-19 yang belum berakhir menjadi pengingat bagi para orang tua agar memperkuat benteng daya tahan tubuh buah hati.

Akibatnya, imunitas anak perlu dibina dan dikembangkan sejak dini. Berbagai virus maupun bakteri penyebab penyakit terus-menerus bermutasi dan menghantui keluarga Indonesia. Lantas, suplemen makanan praktis menjadi solusi meningkatkan kualitas kesehatan anak, khususnya bagi para orang tua yang khawatir buah hatinya menolak mengonsumsi vitamin dalam bentuk pil, kapsul, serta cair.

Multivitamin ini memiliki tiga varian: Plain, Seaweed, dan Beef. Penggunaan bubuk multivitamin ini bagai penyedap rasa: lebih praktis hanya dengan menaburkan serbuk ke makanan yang tersaji, kecuali pada susu maupun minuman lainnya.

“Sprinkle serbuk multivitamin hadir sebagai solusi tepat dan sehat untuk anak dan orang tua. Anak bisa memakan makanan apa pun yang mereka suka, sedangkan orang tua bisa tenang karena kebutuhan gizi anak terpenuhi ketika makanan sudah ditabur dengan Sprinkle,” ujar Bondan Abdul Malik, Product Manager Sprinkle Serbuk Multivitamin.

Selain menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, dan mendukung pertumbuhan anak, produk ini juga diklaim menambah nafsu makan anak. Isu ini merupakan masalah sebagian besar orang tua ketika anaknya memasuki fase picky eating (pilih-pilih makanan) dan nafsu makan mulai menurun. Terlebih dengan adanya isu mengenai sediaan obat atau suplemen anak yang bermasalah dengan izin edar BPOM, kami berkomitmen untuk memberikan produk terbaik dalam sediaan inovatif untuk seluruh anak di Indonesia.

Bondan mengaku, produk ini  hadir dengan beragam sinergi kandungan gizi melalui tiga fungsi. Multivitamin serbuk ini memadukan sinergi berbagai mineral (magnesium, mangan, serta kalsium) dan lima asam amino guna memelihara pertumbuhan anak. Produk turut menghadirkan kombinasi sinergi vitamin A, vitamin B kompleks, serta vitamin D demi membantu memelihara kesehatan buah hati. Kemudian, sinergi vitamin C dan mineral (magnesium dan tembaga) dapat membantu mendorong daya tahan tubuh anak.

Ahli gizi independen Ulfah Mahardika Pramono Putri, S.Gz menjelaskan bahwa kekurangan zat gizi mikro merupakan masalah umum yang dialami banyak anak. Ia menambahkan bahwa produk multivitamin yang tersedia di pasaran dapat menjadi pilihan pelengkap gizi anak. “Asupan makan yang sedikit mengakibatkan terjadinya malnutrisi hingga gangguan pada pertumbuhan serta perkembangan anak,” ujar Ulfah.

Ulfah mengatakan, suplemen mengandung satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino, atau bahan lain yang berasal dari tumbuhan atau bukan tumbuhan yang memiliki nilai gizi dan/atau efek fisiologis.

Zat-zat gizi yang terkandung dalam komposisi multivitamin tersebut dapat meningkatkan kadar hormon ghrelin atau hormon pengatur rasa lapar yang diproduksi di lambung. Hormon tersebut juga diproduksi dalam pankreas, usus halus, serta bagian hipotalamus di otak dalam proporsi lebih kecil. “Dengan meningkatnya hormon ghrelin, maka nafsu makan anak juga akan meningkat, sehingga status gizi baik anak dapat dipertahankan. Pemberian zat gizi yang lebih spesifik sesuai dengan jenis dan dosisnya sangat penting untuk tumbuh kembang anak,” ujar Ulfah.

Swa.co.id