Pertamina 65 Tahun, Berikut Profil Nicke Widyawati Pimpin PT Pertamina (Persero) Selama 2 Periode

12 Des 2022, 07:01 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. /twitter.com/kemenBUMN

Majalah Forbes merilis The World’s 100 Most Powerful Women 2022 atau daftar perempuan paling berpengaruh di dunia pada 2022. Daftar ini setidaknya terbagi menjadi 12 kategori, mulai dari pebisnis, politisi, hingga tokoh hiburan. 

Dua nama srikandi asal Indonesia diketahui masuk dalam daftar tersebut. Kedua nama ini adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Dalam daftar tersebut, Sri Mulyani berada di peringkat ke-47, sedangkan Nicke Widyawati di peringkat ke-49. 

Berdasarkan catatannama Sri Mulyani setidaknya telah masuk dalam Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia sejak 2019. Sementara itu, nama Nicke Widyawati Dirut Pertamina baru muncul pada 2021. Lantas, bagaimana profil sosok pemimpin Pertamina atau perusahaan minyak dan gas negara ini?

Profil Nicke Widyawati, Dirut PT Pertamina (Persero)

Dikutip dari Antara, sebelum jadi Dirut PT Pertamina, Nicke merupakan Pelaksana Tugas atau Plt Dirut menggantikan Elia Massa Manik yang diberhentikan dari jabatannya pada 2018.

Karier Nicke di Pertamina sebenarnya telah dimulai sejak 27 November 2017. Kala itu, Nicke diangkat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia atau SDM Pertamina berdasarkan SK Kementerian BUMN Nomor SK-256/MBU/11/2017.

Perempuan kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967 ini sebelumnya diketahui memiliki sepak terjang yang mentereng di lingkungan BUMN.

Pada 2014 hingga 2017, Nicke Widyawati dipercaya menjadi Direktur Perencanaan Korporat dan Direktur Pengadaan Strategis untuk PT Perusahaan Listrik Negara alias PLN.

Perempuan lulusan Teknik Industri di Institut Teknologi Bandung ini juga pernah menjadi Direktur Utama PT Mega Eltra, perusahan kontraktor listrik di bawah PT Pupuk Indonesia (Persero).

Selain di ITB, Nicke Widyawati diketahui juga sempat mengenyam pendidikan Magister Hukum Bisnis di Universitas Padjadjaran. Berkat rekam akademiknya yang cemerlan, ia juga sempat menjabat sebagai Direkrut Bisnis dan Vice President Corporate Strategy Unit di PT Rekayasa Industri (Persero).

Sumber: Tempo.co