Skip to main content

Channels

Bank BJB Jadikan GCG Fondasi Hadapi Perubahan Zaman

  • 21 Des 2022, 17:21 WIB
  • 0
Direktur Kepatuhan Bank BJB Cecep Trisna (tengah) menerima penghargaan Bank BJB sebagai Most Trusted Companies pada gelaran Good Corporate Governance Award 2022 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA dan IICG. (Foto Ihsan/MIX)

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank BJB mendapatkan penghargaan prestisius sebagai Indonesia Most Trusted Companies pada gelaran Indonesia Good Corporate Governance Award 2022. Bank daerah ini dinilai telah mengimplementasikan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang excellent dalam tata kelola perusahaan.

Penghargaan diberikan oleh Majalah SWA bersama Indonesia Institute Good Corporate Governance (IICG), dalam acara Penganugerahan Corporate Governance Perception Index (CGPI) Award 2022. Tema CGPI tahun ini ‘Membangun Ketangguhan Perusahaan dalam Kerangka GCG’ di Ballroom Shangri-La Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Direktur Kepatuhan Bank BJB Cecep Trisna mengatakan bahwa apresiasi ini adalah buah dari komitmen perusahaan dalam menerapkan prinsip GCG dalam setiap lini bisnisnya. Penghargaan tersebut akan menjadi penyemangat bagi Bank BJB untuk terus menjadikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik sebagai dasar dalam menjalankan kegiatan usahanya. Serta menjadi pemicu bagi Bank BJB untuk terus memberikan pelayanan prima, hingga dapat terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

“Penghargaan pada bidang GCG ini akan menjadi semangat bagi seluruh insan perseroan untuk terus mempertahankan kinerja terbaik. Juga sekaligus berinovasi demi mengakselerasi pertumbuhan Bank BJB sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik,” ucap Cecep dalam keterangannya, Selasa (20/12/2022). 

Cecep mengaku Bank BJB sangat percaya bahwa penerapan prinsip GCG yang konsisten dan terjaga akan memberikan dampak pada upaya perbaikan kualitas perseroan. Selain itu juga GCG dapat membentuk karakter perusahaan yang kuat dan adaptif menghadapi tantangan dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan usaha.

“Demi memperkuat penerapan GCG di semua lini, Bank BJB secara konsisten melakukan perbaikan dan mitigasi risiko terhadap area titik rawan gratifikasi dengan melibatkan stakeholder Bank BJB. Hal ini sejalan dengan komitmen perseroan dalam mengimplementasikan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dengan menciptakan lingkungan pengendalian yang transparan dan akuntabel,” ujarnya. 

Pada tahun 2021 lalu, Bank BJB meraih sertifikat ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti ini menyatakan bahwa Bank bjb dinyatakan telah menerapkan standar ISO 37001:2016 SMAP dan ISO 37301:2021 SMK. 

Sertifikasi tersebut berlaku sejak 22 November 2021 sampai 22 November 2024. Sertifikasi berlaku pada ruang lingkup area dan aktivitas pengajuan dan pencairan kredit korporasi, komersial, serta area yang lebih luas lagi.

Majalah SWA dan IICG mendukung penegakan Good Corporate Governance di Indonesia dengan fokus memasyarakatkan dan mengembangkan konsep governance yang sesuai dengan konteks Indonesia, salah satunya adalah melalui kegiatan pemeringkatan dan program riset. Awarding ini diberikan setelah melalui tahapan evaluasi dan penilaian terhadap upaya perusahaan dalam menerapkan praktik GCG secara berkelanjutan melalui survey Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Terbaru