SF Sekuritas Gunakan Teknologi Metaverse untuk Edukasi Milenial

13 Dec 2022, 07:54 WIB

Memasuki usia ke-4 tahun, PT Surya Fajar Sekuritas (SF Sekuritas) meluncurkan aplikasi SFAST, Smart App untuk investasi. Bagian dari bagian dari grup usaha PT Surya Fajar Capital Tbk (SF Capital) bukan sekadar menghadirkan aplikasi juga ke depan melalui pengembangan metaverse melakukan edukasi finansial pada generasi muda.

SF Sekuritas melihat banyak korban akibat investasi bodong. Tergiur ingin cepat kaya karena tergoda flexing selebritas di media sosial, Gen Y dan Z kerap ambil jalan pintas dengan tidak memperhatikan risiko.

Perusahaan yang kini memiliki 4.500 nasabah ini, menyiapkan edukasi tentang cara atau teknologi untuk berinvestasi dengan aman, mudah digunakan, bisa diakses kapan pun, di mana pun. 

Hadirnya aplikasi SFAST akan memudahkan siapa pun termasuk Millenial dan Gen-Z untuk berinvestasi saham dan reksadana dengan aman, kapan pun, di mana pun, dalam satu genggaman.

Direktur Utama SF Sekuritas Steffen Fang menuturkan bahwa setelah melalui proses panjang dengan tujuan mengedukasi masyarakat untuk berinvestasi dengan baik dan benar, serta melihat teknologi yang semakin maju.

“SF Sekuritas yakin bahwa dibutuhkan sebuah cara untuk berinvestasi dengan aman, mudah digunakan, bisa diakses kapan pun, di mana pun, oleh siapa pun. “Karena itu SFAST hadir sebagai smart app untuk mempermudah masyarakat dalam berinvestasi. Apalagi saat ini investasi sudah jadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi untuk mewujudkan tujuan keuangan yang lebih baik,” papar Steffen.

SFAST diklaim memiliki 5 keunggulan. Pertama, Smart App. SFAST memiliki pilihan produk beragam, termasuk saham dan reksadana yang ada dalam satu genggaman. Kedua, aman dan terpercaya. Aman karena terdaftar dan diawasi OJK dan BEI. Terpercaya karena dikembangkan oleh perusahaan yang memiliki pengalaman dalam dunia keuangan. Ketiga, user friendly. Memiliki interface kekinian, mudah digunakan oleh siapa pun, kapan pun, di mana pun. Keempat, pendaftaran mudah.

“Target kami jangka panjang dengan hadirnya SFAST, jadi fokusnya di edukasi, bukan mengejar peningkatan nasabah,” tandas Steffen. Program ini bukan sekadar sekali jalan, ke kampus dan sekolah yanh diajak kerja sama bisa memasukan kurikulum tentang fintech dan investasi

Jadi memang bukan target jangka pendek, lebih ke jangka panjang, lebih ke pasar masa depan dan menyentuk pengguna lebih luas. Steffen menyebut program edukasi yang mereka siapan diharapkan akan menjangkau 1 juta orang sampai tahun depan.

“SFAST saat ini juga terus berkembang menuju super app industri keuangan dengan multi produk investasi. Mulai dari saham, e-ipo, reksadana, obligasi, securities crowdfunding, dan produk investasi lain nantinya bisa nasabah peroleh dalam satu genggaman,” tambah Steffen. Melalui SFAST, SF Sekuritas hadir untuk mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda agar lebih memahami investasi di pasar modal. 

Sejalan dengan hal tersebut, SF Sekuritas berkomitmen melakukan edukasi pasar modal ke berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia lewat program SOLUSI Pasar Modal (Sistem-Kolaborasi-Literasi-Edukasi- Inklusi dan Inkubasi). SOLUSI Pasar Modal merupakan sistem kolaborasi yang menghubungkan dunia industri dan pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang unggul di bidang keuangan dan pasar modal.

Program ini mengadopsi model Praktisi Mengajar di mata kuliah yang relevan. Pengajaran dilakukan dengan cara hybrid learning melalui LMS (Learning Management System), praktek studi kasus, serta kompetisi analisis saham secara berkala. Lewat program ini, peserta juga bisa mendapatkan kesempatan Magang di industri.

Terkait hal itu, juga Memorandum of Understanding (MoU) program SOLUSI ditandatangani secara bersamaan oleh perguruan tinggi, sekolah, dan komunitas yang diwakili oleh Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Jakarta, STIE YKPN Yogyakarta, STIAB Smaratungga Jawa Tengah, dan komunitas SIDDHI (Sarjana dan Profesional Buddhis Indonesia).  Untuk perguruan tinggi, sekolah dan komunitas yang berlokasi di luar Jakarta yaitu Medan, Palembang, Boyolali, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, melakukan penandatanganan melalui dunia metaverse.

Program ini menargetkan para pelajar dan mahasiswa di 34 provinsi di Indonesia. “Dengan demikian terjadi pemerataan pengetahuan dan literasi keuangan di seluruh Indonesia. Ini merupakan komitmen SF Sekuritas untuk mendukung dunia pendidikan Indonesia,” tambahnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id