Jamkrindo Optimistis Lampaui Target Laba Bersih 2022

20 Dec 2022, 16:49 WIB
PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) optimistis lampuai target laba bersih tahun 2022 (Foto: Dok. Jamkrindo)

PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp802 miliar sampai dengan September 2022, meningkat 44,76% dibandingkan perolehan tahun 2021 sebesar Rp554 miliar. Adapun total Aset mencapai Rp29,95 triliun dengan ekuitasnya sebesar Rp13,08 triliun. 

Direktur Keuangan, Investasi dan Manajemen Risiko PT Jamkrindo Suwarsito menjelaskan perolehan laba bersih perseroan ditopang dari perolehan total pendapatan yang mencapai Rp6,15 triliun. Pendapatan tersebut terdiri dari pendapatan operasional sebesar Rp5,41 triliun, pendapatan subrogasi bersih senilai Rp641,63 miliar,  dan pendapatan lain-lain sebesar Rp25,21 miliar.

Adapun realisasi volume penjaminan sampai dengan bulan September 2022 sebesar Rp220,36 triliun. Hal itu terdiri dari jumlah Penjaminan KUR sebesar Rp149,98 triliun dan jumlah penjaminan Non KUR sebesar Rp70,37 triliun. 

“Dengan pencapaian Kuartal III tahun ini yang menunjukan hasil positif, kami sudah mengantongi 98% persen laba bersih di tahun 2022. Kami optimis pada akhir tahun Jamkrindo dapat memperoleh kinerja melebihi target RKAP di tahun 2022 yaitu sebesar Rp818,95 miliar,” ujar Suwarsito.

Suwarsito mengatakan, pencapaian ini membuktikan bahwa transformasi yang dilakukan perusahaan telah berhasil mendorong peningkatan kinerja. Jamkrindo telah melakukan transformasi yang berfokus terhadap enam elemen strategis perusahaan. 

“Transformasi pada struktur organisasi, manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), sistem teknologi, bisnis dan operasional, tata kelola manajemen risiko dan kepatuhan serta keuangan untuk memperkuat kinerja perseroan secara berkelanjutan,” ucapnya. 

Dia melanjutkan transformasi fundamental tersebut dibutuhkan karena Jamkrindo memiliki peran strategis untuk menjembatani UMKM memperoleh akses pembiayaan yang lebih efektif dan efisien. Kehadiran Jamkrindo dalam hal ini membantu pelaku UMKM dalam rangka mengakses sumber pembiayaan. “Jamkrindo akan terus melakukan transformasi agar fundamental perusahaan semakin kuat serta inovatif,” katanya. 

Dalam meningkatkan aksesibilitas finansial UMKM dan koperasi, Jamkrindo menyediakan penjaminan yang inovatif, kompetitif dengan pelayanan profesional, efektif serta efisien secara berkelanjutan. Dari sisi layanan, untuk mempermudah para pelaku UMKM mengajukan penjaminan suretyship, Jamkrindo memiliki aplikasi Jamkrindo Online Suretyship (JOS). 

Jamkrindo juga memiliki marketplace guarantee yakni, platform digital yang dibuat sebagai layanan akses modal usaha UMKM dan kebutuhan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan. Dalam membantu akses pembiayaan, platform UMKM Layak menjembatani antara UMKM yang memerlukan pembiayaan dan lembaga keuangan yang menyalurkan pinjaman bagi segmen ini. 

“Kami percaya, dengan produk dan layanan yang telah dihadirkan Jamkrindo, akan semakin memudahkan pelaku UMKM dalam mendapatkan penjaminan sehingga mengakselerasi pertumbuhan usaha mereka. Kami juga mengharapkan dukungan dan kolaborasi dengan para stakeholders dalam pengembangan dan penguatan UMKM agar tumbuh positif secara berkelanjutan,” kata Suwarsito.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id