2023, Indomaret Targetkan Kelola 22.500 Gerai

17 Des 2022, 14:12 WIB
Pelayanan di kasir Indomaret (Foto: Istimewa)

Di tahun 2022, Indomarco Prismatama -pengelola Indomaret- mematok target penambahan 1.200 gerai, tahun 2023 Indomaret ditargetkan akan menambah sekitar 1.500 gerai. Hingga akhir tahun ini Indomaret ditargetkan akan memiliki 21.000 gerai. Sedangkan hingga Agustus 2022 Indomaret memiliki 20.518 gerai yang tersebar di Jawa, Bali, Madura, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sumatera, Batam, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Sorong – Papua.

CRM Executive Director PT Indomarco Prismatama (Indomaret), Gondo Sudjoni NH, menuturkan tantangan yang dihadapi bisnis ritel saat ini yaitu bagimana cara memenuhi permintaan dan kebutuhan pasar. Indomaret terus melakukan inovasi dan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat, baik dari sisi pelayanan, maupun pemenuhan produk. “Indomaret mendukung pelaku-pelaku UMKM untuk maju bersama untuk memasarkan produknya di Indomaret. Ke depannya, semua pebisnis di Indonesia harus saling membantu,” katanya.

Ia menambahkan, melihat daya beli masyarakat Indonesia yang semakin pulih, pihaknya optimis peluang bisnis ritel tetap bertumbuh. “Saat ini ritel menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk memperoleh kebutuhan sehari – hari dengan lebih mudah dan semakin dekat dengan masyrarakat,” katanya.

Untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat Indomaret mengajak pelanggannya untuk berpartisipasi dalam donasi pelanggan. Sisa uang kembalian yang dikumpulkan dari lebih dari 19.000 gerai Indomaret terkumpul Rp 5,4 miliar.

Menurut Gondo, konsumen berdonasi melalui 3 cara yaitu menyumbang dari uang kembalian, menambahkan jumlah dari uang kembalian dan menyumbang tanpa berbelanja. Donasi ini dilakukan secara sukarela. Kasir menawarkan dan setelah disetujui konsumen kemudian mencetak jumlah donasi di struk. “Kami rutin mengadakan program kemanusiaan dengan melibatkan konsumen untuk berdonasi,” katanya.

Bantuan tersebut untuk Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Nasional. Indomaret bekerja sama dengan Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Nasional merenovasi dan menyediakan alat penunjang terapi untuk anak disabilitas. Bantuan disalurkan untuk peningkatan ruangan dan sarana pelatihan ketrampilan disabilitas serta perbaikan sarana sanitasi bagi penyandang disabilitas di Jakarta, Karanganyar – Jawa Tengah, Bali, Jember, Pangkalpinang, Ternate, Semarang, Aceh, Makassar dan Malang.

Kolaborasi Indomaret dengan YPAC melalui donasi pelanggan adalah yang keempat kalinya. Diawali pada tahun 2015, melalui pelanggan setianya, dana dihimpun untuk pembangunan gedung Autis Center dan satu unit mobil operasional Sekolah Luar Biasa (SLB) Mitra Ananda di Colomadu, Karang Anyar Jawa Tengah.

Kerja sama kedua tahun 2017, dana digunakan untuk pembangunan gedung pusat IT disabilitas YPAC Nasional dan renovasi ruang pelatihan YPAC Semarang. Selanjutnya, pada tahun 2019, dana diserahkan untuk merenovasi sanitasi di YPAC Surabaya dan pembangunan Rumah Kreatif Anak Disabilitas di Bintaro Jaya Sektor 3.