Skip to main content

Channels

32 Pelabuhan Telah Terapkan Aplikasi Penataan Logistik Terintegrasi

  • 13 Des 2022, 16:16 WIB
  • 0
Inaportnet adalah aplikasi yang mengintegrasikan sistem informasi dari berbagai lembaga maupun badan usaha di pelabuhan (Foto: dok Kemenhub)

Kementerian Perhubungan menambah 32 pelabuhan yang menerapkan aplikasi layanan kapal dan barang berbasis online atau Inaportnet. Penambahan ini menjadikan total 109 pelabuhan telah menerapkan aplikasi Inaportnet.

Inaportnet adalah aplikasi yang mengintegrasikan sistem informasi dari berbagai lembaga maupun badan usaha di pelabuhan. Aplikasi ini ditujukan untuk penataan ekosistem logistik. “Targetnya di tahun 2023 kita tambah lagi 151 pelabuhan, sehingga total 260 pelabuhan sudah menerapkan Inaportnet pada tahun depan,” kata Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI dalam acara penerapan aplikasi Inaportnet di 32 pelabuhan secara daring (13/12/2022).

Kemenhub juga mengambil langkah untuk memastikan penerapan ini berjalan baik. Di antaranya memberikan pelatihan (training of trainers/TOT) kepada para operator dari Kantor KSOP dan UPP untuk tahap awal pada Maret 2022, melakukan serangkaian uji coba (uji coba infrastruktur, sistem BUP, system integration test (SIT), dan melakukan sosialisasi ke pengguna jasa mulai September 2022.

Upaya lainnya adalah menginstruksikan kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP), Distrik Navigasi, Badan Usaha Pelabuhan (BUP) untuk menerapkan Inaportnet di masing-masing wilayah kerja, melakukan monitoring dan evaluasi, serta menyiapkan layanan pengaduan baik secara online maupun offline.

“Penerapan Inaportnet penting untuk meningkatkan pelayanan kapal di pelabuhan agar berjalan cepat, terpercaya, transparan, terstandar, dan dapat meningkatkan efisiensi dengan biaya yang minimal,” kata dia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Terbaru