Agritech Ini Berikan Solusi Pertanian Indonesia

20 Des 2022, 07:01 WIB
Aria Agriculture

Berkembangnya era digital, membuat banyak anak muda bertekad melahirkan solusi untuk mengatasi masalah yang ada. Salah satunya, Aria Agriculture Indonesia yang merupakan perusahaan agritech berfokus untuk meningkatkan ketahanan pangan lewat modernisasi sektor pertanian pertambangan, dan juga perkebunan.

Head of Government Relations Aria Agri Gusti Raganata mengungkapkan bahwa pertanian selama ini menyumbang cukup banyak untuk penghasilan produk domestik bruto (PDB) lapangan usaha pertanian atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp2,25 kuadriliun sepanjang 2021. Nilai tersebut berkontribusi sebesar 13,28% terhadap PDB Nasional. Namun sayangnya, peran besar sektor pertanian tersebut tidak diimbangi dengan kesejahteraan kehidupan petani.

Dia mengatakan lewat solusi IoT (Internet of Things), Big Data, Mechanization, layanan digitalisasi, hingga pabrik drone bisa untuk mengatasi isu pangan dan pertanian yang dihadapi oleh Indonesia. Aria hadir sebagai service company, salah satu layanannya, perusahaan ini menghadirkan drone untuk melakukan penyemprotan lahan pertanian dengan biaya murah dan tepat waktu dalam penyemprotan. Pasalnya pihaknya menggunakan teknologi SaaS.

Pemanfaatan teknologi ini untuk membantu perusahaan perkebunan atau individu petani saat proses penanaman yang dihubungkan dengan data sehingga bisa melakukan penyemprotan yang tepat. Hal ini bisa membantu petani untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal dan mengurangi risiko gagal panen dengan proses penanaman yang tepat.

Saat ini Aria Agri sudah bergerak dari Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Padang, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan, dan Nusa Tenggara Barat. “Seperti di Sragen, Jawa Tengah dan Kabupaten Malang kami melakukan penyemprotan terhadap tanaman Tebu seluas lebih dari 100 hektare,” ujarnya.

Belum lama ini, Aria juga hadir dalam perhelatan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang berlangsung pada 11 Desember 2022 lalu. Tak hanya megahnya resepsi pernikahan saja, tapi acara juga diisi oleh deretan startup Arkana Ventures, termasuk Aria Agriculture Indonesia. Aria Agriculture Indonesia merupakan 1 dari 16 perusahaan Indonesia yang diinvestasi oleh Kaesang Pangarep. “Kehadiran kami di sini tidak hanya sekadar berpartisipasi tetapi juga memberikan informasi kepada tamu undangan bahwa ada solusi dari anak bangsa melalui teknologi untuk mengatasi isu pangan dan pertanian,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id