Skip to main content

Channels

Alcatel-Lucent Enterprise Selesaikan Projek Revitalisasi Jaringan Unila

  • 22 Des 2022, 13:01 WIB
  • 20
Universitas Lampung. (dok. Unila)

Alcatel-Lucent Enterprise, provider solusi komunikasi, jaringan, dan komputasi awan dipilih oleh Universitas Lampung (Unila), untuk merevitalisasi solusi jaringan di Unila. Projek infrastruktur ini diselesaikan tepat waktu dan sesuai dengan anggaran sehingga kini mahasiswa, staf, dan pengunjung UNILA bisa menikmati manfaat Wi-Fi 6 – infrastruktur Wi-Fi modern dan canggih dengan kecepatan hingga 40% lebih cepat dari sebelumnya.

Saat ini, universitas diharapkan menjadi pusat inovasi dan pengetahuan yang didukung oleh teknologi terbaru. Tujuan utamanya adalah untuk menyederhanakan dan mendorong proses pembelajaran dan mendukung para pihak terkait dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu, jaringan di universitas harus mampu mencegah serangan siber, yang jumlahnya terus meningkat di sektor pendidikan, akibat semakin banyaknya perangkat yang terhubung dan pesatnya perkembangan Internet of Things (IoT).

Tujuan revitalisasi jaringan di Unila adalah untuk memperkuat posisinya sebagai penyedia pendidikan dengan meningkatkan kualitas layanan (QoS) digital dan pengalaman pengguna untuk semua pemangku kepentingan. Selain itu, ingin memastikan keamanan infrastruktur jaringannya dari risiko-risiko potensial, tanpa mengorbankan aksesibilitas bagi civitas kampus dan para tamunya.

“Projek revitalisasi jaringan ini merupakan bukti komitmen Unilaterkait keunggulan pendidikan dan pemberdayaan digital bagi civitas kampus. Visi mereka, didukung dengan solusi khusus Alcatel-Lucent Enterprise, memberikan keuntungan bagi segenap civitas kampus dimulai dari peningkatan pengalaman pengguna dengan konektivitas yang sangat baik di seluruh area kampus,” ujar Wahyu Adi, Country Business Leader Alcatel-Lucent Enterprise Indonesia.

UNILA bekerja sama dengan Alcatel-Lucent Enterprise untuk menciptakan infrastruktur LAN yang selalu aktif, skalabel, cerdas, mudah dikelola, tangguh, dan berkinerja tinggi dengan otomasi terintegrasi. Jaringan ini dikelola secara terpusat dengan dasbor tunggal untuk perangkat berkabel, nirkabel, dan IoT.

Pendekatan Zero Trust yang digunakan memastikan jaringan selalu memiliki keamanan secara menyeluruh dengan menerapkan kontrol Role-Based Access bagi semua pengguna. Terakhir, Alcatel-Lucent Enterprise mampu menurunkan CAPEX melalui solusi intelijen terdistribusi yang mengurangi pembelian perangkat keras.

“Alcatel-Lucent Enterprise bekerjasama dengan kami untuk mewujudkan visi kami dalam membangun jaringan yang akan meningkatkan profil kami di dunia, memberikan kualitas pengalaman dan kualitas layanan yang diinginkan pengguna, dan mengatasi masuknya BYOD (bring your own device) dengan keamanan bawaan,” ujar Muhamad Komarudin, Kepala Teknologi Informasi & Komunikasi, Universitas Lampung.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Terbaru