Skip to main content

Channels

Cara Maizura Bertahan di Industri Musik Tanah Air

  • 09 Des 2022, 15:21 WIB
  • 0
Penyanyi pendatang baru Maizura memiliki cara khusus agar dia bisa bertahan di industri musik Tanah Air. (Foto: Dok YT Maizura)

Industri musik Tanah Air memiliki daya magnet yang besar bagi para musisi muda. Ini ditandai dengan banyaknya artis atau musisi pendatang baru yang bermunculan. Untuk bisa tetap bertahan lama di industri musik Tanah Air, para musisi pendatang baru memiliki strategi agar tidak mudah tenggelam, tak terkecuali Maizura.

Maizura, musisi kelahiran Makassar 7 Maret 2000 mengungkapkan kepada SWA Online beberapa cara agar dirinya bisa bertahan di industri musik nasional. Hal ini diungkapkan Maizura saat peluncuran Resso Rising di Jakarta, Rabu (7/12/2022).  Cara pertama yang dilakukan pelantun lagu Ninu Ninu ini adalah dengan menjadi otentik. Artinya dengan menjadi otentik (asli) dari dirinya sendiri, Maizura yakin bahwa seseorang itu akan memiliki ciri khas dalam bermusik, sehingga berbeda dengan yang lain. 

Be authentic itu kita memahami hati kita dan memahami diri sendiri. Itulah strategi aku agar bisa bertahan di industri musik Indonesia dalam jangka waktu yang lama,” katanya kepada SWA Online. 

Cara kedua Maizura agar bisa bertahan di industri musik adalah konsisten dalam melahirkan karya. Saat tidak konsisten membuat karya niscaya mudah untuk tersingkir, banyak musisi pendatang baru di Indonesia, karena tidak konsisten akhirnya tidak lama bertahan.

“Konsisten itu penting. Aku yakin dengan konsisten dalam membuat karya maupun mengembangkan kemampuan bermusik, kita akan tetap bisa eksis di industri musik ini,” ujar penyanyi jebolan audisi pencarian bakat The Voice Indonesia ke-2 ini. 

Bicara tentang industri musik Tanah Air, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadikan musik sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif yang terus berkembang, memiliki potensi yang sangat besar, dan pertumbuhan progresif dari tahun ke tahun. Dalam Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia 2020/2021 subsektor musik berhasil menyumbang Rp5,98 triliun untuk PDB Nasional 2020.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Terbaru