Cita-Cita Kelas.com Kurangi Angka Pengangguran

16 Des 2022, 16:10 WIB
Tim Kelas.com (Foto: Ist)

Persaingan di dunia kerja yang semakin ketat membuat kita perlu memiliki skill di bidang tertentu. Namun tidak sedikit yang merasa terlambat untuk belajar, faktor utamanya karena usia dan telah menempuh pendidikan formal sebelumnya.

Meski begitu, tidak ada kata terlambat untuk mempelajari sesuatu, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan. Beberapa tahun terakhir sistem pendidikan di Indonesia mengalami kemajuan. Terlihat dari munculnya sistem pembelajaran jarak jauh, dan maraknya kelas online yang hingga saat ini terus dikembangkan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kesempatan untuk mempelajari hal baru masih sangat terbuka, tanpa batasan usia maupun latar belakang pendidikan yang dimiliki sebelumnya.
Melihat permasalahan tersebut, PT Mega Harapan Mulia menghadirkan platform edukasi online Kelas.com. Startup yang bergerak di bidang teknologi edukasi (edu-tech) ingin memberi kesempatan belajar bagi semua kalangan.

“Kelas.com hadir sebagai platform edukasi online di mana siapa saja dapat belajar dan mengikuti pelatihan atau training dari para profesional yang telah berpengalaman di bidangnya,” ujar Niko Setiawan, Product Manager Kelas.com.

Dia menjelaskan platfrom ini memiliki konsep kelas yang berbentuk online dan asynchronous, sehingga dapat diakses atau diputar kapan saja dan dimana saja. Niko juga menyebut bahwa persaingan kerja di era industri 4.0 ini semakin ketat. Terlihat dari jumlah angkatan kerja yang cukup tinggi di 68% dari jumlah total penduduk usia kerja. Untuk itulah layanan edu-tech ini hadir dan diharapkan bisa membantu masyarakat agar dapat bersaing di dunia kerja.

Saat ini Kelas.com telah memiliki lebih dari 1 juta pengguna di seluruh Indonesia, dan terbagi ke beberapa layanan seperti Kelas.com, Kelas.work, dan bootcamp. Selain itu platform kelas online ini juga memiliki lebih dari 100 mentor terbaik yang merupakan para ahli di bidangnya. “Mentor di Kelas.com sangat bervariasi, mulai dari para profesional di bidangnya untuk topik upskill seperti kelas human resource, akuntansi, administrasi dan lain-lain. Kami juga berupaya menghadirkan kelas dari beberapa public figure di Indonesia,” terang Niko.

Layanan kursus online ini bercita-cita mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Sehingga tidak heran kelas-kelas yang tersedia juga dibanderol dengan harga terjangkau. “Seluruh video pembelajaran di Kelas.work merupakan hasil produksi mandiri, kami memiliki tim kurikulum dan in house production yang berdedikasi memberikan kualitas video yang lebih menarik dan atraktif untuk para pembelajar,” papar Niko.

Dirinya menambahkan bahwa Kelas.com telah menjalin kerja sama dengan layanan penyedia lowongan pekerjaan seperti Karir.com dan Jobs.id. Itu artinya dengan mengikuti kelas di platform ini, pengguna juga akan mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang sesuai minat dan bidang keahliannya. Selain itu, pihaknya juga terus bekerja sama dengan pemerintah untuk mendukung program Prakerja guna mendorong edukasi persiapan masuk dunia kerja ke seluruh masyarakat Indonesia.

“Kami berusaha menyalurkan tenaga kerja terlatih yang sesuai dengan standar persyaratan pekerjaan yang tersedia,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id