Management Trends

Dari Gisella Anastasia hingga Sandra Dewi Promosikan Loves Semprong

Dari Gisella Anastasia hingga Sandra Dewi Promosikan Loves Semprong
Jessica Pricilia dan Victor Tawarik, Pemilik Brand Loves Semprong (Foto: Ist)

Bentuk kue semprong baik itu segitiga maupun lonjong, biasanya hanya kosongan atau kopong. Tetapi, di tangan kedua anak muda ini, kue kering itu disajikan dengan isi di dalamnya 15 varian rasa. Dari isi coklat Nutella, keju, vanilla sampai isi abon pun ada. Terobosan inilah yang menjadi faktor usaha yang dirintis oleh pasangan suami istri Victor Tawarik dan Jessica Pricilia menjadi diserbu para pelanggan dan reseller.

Victor dan Jessica menyematkan nama kue besutannya dengan brand Loves Semprong. Upaya ini menjadikan mereka sebagai produsen kue semprong pertama di Indonesia yang berhasil mengawinkan antara kue jadul dengan beragam rasa kekinian. Inovasi inilah yang juga membuat Loves Semprong mampu membukukan omzet miliaran menjelang Natal dan Tahun baru 2023.

Meskipun Victor dan Jessica bukan berlatar belakang dunia kuliner, melainkan sarjana lulusan Teknologi Informasi dan Arsitektur, keduanya piawai menekuni bisnisnya dan kini tercatat sebagai produsen kue semprong terbesar di Tangerang dengan produksi 200 ribu toples lebih dalam sebulan.

Bisnis kue semprong ini dirintis sejak tahun 2012 lalu. Saat itu mereka masih kuliah. Seperti bisnis pada umumnya, di awal usaha mereka juga sulit menembus pasar yang ramai. Mereka paling banyak hanya mampu menjual 10 toples. Jumlah itu, masih tidak menutupi biaya produksi. Namun, mereka menutupi biaya produksi agar tidak tekor dengan menumpang produksi di rumah orangtua.

“Di awal mencari pasar, kami promosi getok tular atau dari mulut ke mulut (word of mouth) sampai menyebar brosur kue ke gedung perkantoran di Jakarta dan Tangerang. Untuk hemat biaya kurir, kami juga kirimkan langsung ke tempat para pembeli,” tutur Victor.

Ihwal bisnis kue ini, diceritakan Jessica terinspirasi ketika dia sering membantu sang nenek di Bangka Belitung membuat kue semprong menjalang Imlek. Ketika itu Victor menjemput Jessica di rumahnya dan mencicipi kue tersebut. Begitu Victor merasakan enaknya kue itu, lalu mereka sepakat dibisniskan kuenya.

Pada 2017, mereka menikah. Omzet penjualan kue semprong kala itu masih tak bergerak signifikan. Akhirnya Victor sempat menjadi driver online demi mendapat penghasilan tambahan. “Saat kami punya bayi, saya pikir untuk kembali fokus menekuni usaha kami dan mengembangkan kue semprong ini saja,” jelas dia.

Usaha mereka pelan-pelan mulai menanjak setelah memaksimalkan media sosial seperti Instagram untuk promosi penjualan. Apalagi tahun 2020 ketika pandemi melanda, omzet penjualan mereka terus melesat. “Akhirnya kami putuskan pindah produksi dengan menyewa tanah di sini (lokasi Gudang Cipondoh Kota Tangerang) untuk pabrik kue semprong,” jelas dia. Untuk menghasilkan kue yang renyah, Loves Semprong dipanggang dengan suhu di atas 170 derajad celcius.

Saat ini, Loves Semprong memiliki ratusan lebih karyawan tetap dan tenaga paruh waktu. Sekarang, pesanan kue menjelang Natal dan tahun baru sudah mencapai ratusan ribu toples. Mereka sempat kewalahan karena sudah kelebihan order. Di hari raya, kue-kue dikemas dengan dalam hampers yang menarik sebagai bingkisan.

Sekarang akun Instagram Loves Semprong sudah memiliki lebih dari 192 ribu followers. Mereka pun mulai memberanikan diri untuk menggunakan jasa influencers seperti Shandy Aulia, Sandra Dewi, Gisella Anastasia, Krisdayanti, Nabila Syakieb, dan masih banyak lagi untuk mempromosikan Loves Semprong.

“Kue Loves Semprong dibuat dengan varian rasa dan isi original, wijen, durian, Nutella, cokelat, cokelat kacang, Ovomaltine sampai rasa keju. Sudah ada ribuan reseller di berbagai wilayah di Jabodetabek, Semarang, Jogjakarta , Solo sampai Malang. Per hari orderan mencapai 5.000 – 8.000 toples. Untuk harga dengan rasa original bervariasi mulai dari Rp 32 ribu dan rasa lain Rp 62 ribu per toples,” jelas Victor.

Loves Semprong juga sudah terdaftar BPOM dan Halal. Hal inilah yang membuat para pelanggan dan reseller semakin percaya dengan kualitas produk.

Ke depan, Loves Semprong akan dikembangkan pemasarannya dengan membuka gudang baru di Surabaya dan Malang untuk memudahkan pengiriman ke daerah Jawa Timur dan sekitarnya.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved